Follow our news chanel

Previous
Next

Menteri Mahfud sebut konflik Papua bagian dari tantangan

Mahfud, Papua
Menko Polhukam, Prof. Dr Mahfud MD – Jubi/Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan ada tiga tantangan utama yang dihadapi Indonesia. Tantangan itu tersebar dari wilayah barat, tengah, hingga timur Indonesia.

“Di wilayah tengah yang tersebar di berbagai daerah yaitu ancaman terhadap keutuhan ideologi yang antara lain berbentuk gerakan-gerakan radikal,” kata kata Mahfud usai menggelar rapat dengan jajaran TNI dan Polri yang sedang bertugas di wilayah Papua, Rabu (22/7/2020) kemarin.

Baca juga : Kasus aktivis Ravio, ini kata Mahfud MD

Keluarga korban pelanggaran HAM Nduga sayangkan Mahfud MD

Mahfud MD: Wabup Nduga mundur, manuver politik

Mahfud menyebut gangguan juga terjadi di wilayah timur, tepatnya Papua. Menurut dia, kelompok bersenjata masih terus mengganggu keamanan Bumi Cendrawasih sampai hari ini.

Loading...
;

Sedangkan tantangan pertama di wilayah barat adalah intervensi pihak asing di wilayah perairan Laut Natuna Utara yang berbatasan dengan Laut China Selatan. China selalu mengklaim bahwa perairan tersebut masuk wilayahnya berdasarkan pada sejarah, bukan hukum laut yang berlaku saat ini.

Mahfud mengingatkan kepada jajaran TNI dan Polri yang tugas di Papua tak mudah terprovokasi. Ia meminta para prajurit tak melakukan tindakan yang justru akan menimbulkan tudingan terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Jangan terpancing untuk melakukan tindakan yang bisa dinilai melanggar HAM. Kita jaga negeri ini dengan sepenuh hati, dan tidak terprovokasi oleh pihak lain,” kata Mahfud menjelaskan.

Sedangkan di wilayah tengah, mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu menyatakan bahwa ancaman yang muncul adalah gerakan-gerakan radikal. Namun, Mahfud tak menyebut secara gamblang gerakan radikal yang dimaksud. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top