HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Menunggu aksi bawaslu tuntaskan perkara pemilu

Pengurus LMA Marind menunjukkan surat edaran mereka, mengajak masyarakat melaporkan dugaan politik uang di Pemilu 2019 – Jubi/Frans L Kobun
Menunggu aksi bawaslu tuntaskan perkara pemilu 1 i Papua
Pengurus LMA Marind menunjukkan surat edaran mereka, mengajak masyarakat melaporkan dugaan politik uang di Pemilu 2019 – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

LEAD: Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Marind menerima banyak pengaduan mengenai dugaan pelanggaran pemilu di Kabupaten Merauke. Mereka berharap Bawaslu menindaklanjuti temuan masyarakat tersebut.

LAPORAN dugaan pelanggaran pemilu, berdatangan ke Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Marind. Laporan disertai bukti-bukti, yang di antaranya berupa lembaran rupiah dalam dugaan praktik politik uang.

Menunggu aksi bawaslu tuntaskan perkara pemilu 2 i Papua

LMA Marind memang membuka posko pengaduan pemilu. Mereka menampung laporan dari masyarakat mengenai indikasi kecurangan dan pelanggaran pada Pemilu 2019. Pengaduan ini selanjutnya diserahkan untuk diproses oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Merauke.

Tokoh intelektual Marind, Harry Ndiken, yang bergabung dalam posko pengaduan mengatakan mereka telah berdialog dengan anggota Bawaslu Merauke, Agustinus Mahuze, di Sekretariat LMA Marind. Sejumlah dugaan pelanggaran pemilu mereka sampaikan dalam kesempatan tersebut.

“Laporannya sudah diantarkan ke Bawaslu Merauke. Ada bukti dan saksi yang menyaksikan transaksi (jual-beli suara) menjelang pencoblosan,” kata Ndiken, kepada Jubi, Sabtu (27/4/2019).

Ndiken mengatakan mereka memberi kesempatan kepada bawaslu untuk menindaklanjuti laporan. Jika tidak kunjung direspon hingga batas waktunya, mereka mengancam bakal berunjuk rasa ke Bawaslu Merauke.

Loading...
;

“Rencananya aksi damai. Berdasarkan data yang kami peroleh, belum ada perwakilan Marind (yang bakal lolos) ke DPRD Merauke. Kami tentu tidak bisa tinggal diam. Masak sebagai pemilik negeri, kami tidak memiliki perwakilan,” kata Ndiken.

Praktik politik uang diduga terjadi hampir di seluruh daerah pemilihan di Kabupaten Merauke. Itu dibuktikan dengan maraknya laporan dari masyarakat.

Ketua DPRD Merauke, Fransiskus Sirfefa, meminta bawaslu menindaklanjuti setiap laporan masyarakat. Namun, dia meyakini bawaslu pasti profesional dalam menangani setiap dugaan pelangaran pemilu.

“Saya yakin setiap laporan akan disikapi serius. Kalau pun tindak lanjutnya agak terlambat, mungkin masih mengumpulkan bukti lain sebagai pendukung,” kata Sirfefa.

Sirfefa juga mengapresiasi inisiatif LMA Marind yang membuka posko pengaduan dugaan pelanggaran pemilu di Merauke.

“Itu juga langkah positif agar bawaslu tak berjalan sendiri. Semua pihak harus ambil bagian dalam mengawasi pemilu.”

Perlu verifikasi

Anggota Bawaslu Merauke, Agustinus Mahuze, mengatakan laporan dari LMA Marind masih berupa informasi awal dan perlu diverifikasi kebenarannya.

“Saya tegaskan bahwa yang diserahkan LMA itu bukan pelaporan, melainkan informasi yang perlu diverifikasi kembali. Itu sama seperti informasi lisan.”

Mahuze menjelaskan setiap pelaporan harus memenuhi syarat material dan formal yang mengacu kepada Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu. Laporan harus terstruktur dengan jelas dan lengkap disertai saksi dan minimal dua alat bukti yang menyakinkan.

“Dalam undang-undang itu laporan dari LMA Marind disebut sebagai informasi yang harus ditelusuri, diinvestigasi, dan diklarifikasi,” jelasnya.

Mahuze memastikan setiap laporan yang memenuhi unsur dan persyaratan akan ditindaklanjuti di Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) Merauke. Jika persyaratannya belum lengkap, ada kesempatan selama tiga hari untuk memperbaiki laporan.

“Saya sudah berkomunikasi dengan LMA Marind untuk menyamakan persepsi. Mereka akan melengkapi data dan membuat laporan sesuai standar,” kata Mahuze. (*)

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top