Follow our news chanel

Previous
Next

Menyongsong Natal, Bupati Yahukimo harap kepala kampung kembali ke keluarga dan masyarakat

Bupati Abock Busup (kemeja putih kedua dari kiri) saat berkunjung ke Distrik Ukha. -Jubi/Dok
Menyongsong Natal, Bupati Yahukimo harap kepala kampung kembali ke keluarga dan masyarakat 1 i Papua
Bupati Abock Busup (kemeja putih kedua dari kiri) saat berkunjung ke Distrik Ukha. -Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Yahukimo, Jubi – Lantunan lagu-lagu rohani dalam bahasa suku Hubula (Hubla) dinyanyikan bersahut-sahutan, oleh suara-suara tinggi yang didominasi perempuan dan anak-anak, di lapangan Distrik Ukha pada ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut.

Pagi itu, sekitar pukul 9.30 Waktu Papua, tarian penyambutan dan lagu-lagu didendangkan untuk menyambut rombongan Bupati Yahukimo, Abock Busup, yang diantar sebuah helikopter. Di distrik ini, memang tak ada lapangan terbang perintis maupun jalan darat, untuk dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Untuk sampai ke Distrik Ukha, hanya ada dua pilihan yakni berjalan kaki selama berhari-hari, naik turun gunung dan lembah dari Dekai, ibu kota Yahukimo, atau menyewa helikopter dengan mengeluarkan uang sampai puluhan juta rupiah.

Penantian ratusan masyarakat dari sepuluh kampung yang juga berasal dari sepuluh jemaat Gereja Kemah Injil, Klasis Eyage, dalam rangka memulai pembangunan gedung gereja baru Jemaat Solavide secara simbolis, serta untuk merayakan Natal jemaat bersama orang nomor satu di Kabupaten Yahukimo tersebut, pada Rabu, 4 Desember 2019.

“Masyarakat Ukha undang untuk peletakan batu pertama,” ujar Abock Busup, sebagai tanda pembangunan gedung gereja baru Jemaat Solavide, dimulai. “Sekaligus untuk merayakan Natal jemaat bersama masyarakat di sana,” katanya, kepada Jubi lewat telepon seluler, Jumat (6/12/2019).

Kehadiran bupati ini, sekaligus menjadi kunjungan kerjanya untuk melihat dari dekat kondisi Distrik Ukha serta kampung-kampung di sekitarnya, tingkat kehadiran para aparatur pemerintah di tingkat kampung, serta mendengar secara langsung suara masyarakat.

Loading...
;

“Jalur transportasi, baik jalan darat dan jalur udara yang sangat dibutuhkan. Saya saja ke sini terpaksa harus sewa heli, karena tidak ada pesawat kecil, belum ada lapter (lapangan terbang) perintis di sini. Jalan darat untuk kendaraan juga belum masuk,” jelas Abock.

Perjalanan menggunakan heli ke sebagian besar wilayah di pegunungan di Yahukimo sangat bergantung pada cuaca. Karena gumpalan awan tebal dan intensitas hujan yang cukup tinggi.

Menyongsong Natal, Bupati Yahukimo harap kepala kampung kembali ke keluarga dan masyarakat 2 i Papua
Masyarakat Distrik Ukha. -Jubi/Dok

Abock Busup mengakui, transportasi masih menjadi tantangan besar bagi dirinya bersama wakilnya, Yulianus Heluka, untuk membuka 500-an kampung di Yahukimo dari keterisolasian. Salah satunya Distrik Ukha yang memiliki 10 kampung, yaitu Amisangi, Eki, Kuleken, Lua, Musanarek, Siolorema, Ukha, Walialema, Wenapuk, dan Yelepunu.

Pernyataan Abock dalam sambutannya bagaikan angin segar bagi masyarakat Ukha.

“Lapangan terbang harus segera dibangun agar kunjungan-kunjungan kerja di waktu-waktu mendatang, tidak lagi menggunakan heli, tetapi sudah bisa menggunakan pesawat seperti daerah yang lain,” ucapannya mendapat sorakan meriah. Bupati menambahkan akan mendorong pembangunan lapter tersebut pada tahun anggaran baru 2020.

Sementara itu, jalan darat yang nantinya akan menghubungkan kampung-kampung di Distrik Ukha ke luar, sedang dalam pengerjaan. Bupati memutuskan dua titik awal untuk memulai pembongkaran gunung dalam rangka percepatan pekerjaan demi mendapatkan akses transportasi yang mudah dan murah bagi masyarakat. Pekerjaan tersebut dimulai dari Dekai (Yahukimo) dan Wamena (Jayawijaya), sejak sekitar setahun lebih yang lalu.

Ia menjelaskan, pembangunan jalan darat yang sedang dalam proses pengerjaan adalah dari Distrik Seima ke Distrik Kurima. Kemudian, berlanjut ke Distrik Tangma sampai ke Distrik Ukha. Anggaran pekerjaan jalan tersebut telah dimasukkan dalam APBD Yahukimo 2020. “Itu semua supaya masyarakat mendapatkan akses jalan darat dari kampung ke kota dan sebaliknya,” ujar Abock.

Dalam kesempatan yang terbatas itu, Bupati Abock Busup juga mengingatkan agar para kepala kampung, untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakatnya. Pernyataan itu dilontarkannya untuk merespons laporan masyarakat terkait jarangnya kepala kampung menetap di kampung-kampung. Kondisi ini terjadi hampir di semua tempat di Yahukimo.

“Momen Natal ini, saya minta kepala-kepala kampung harus kembali dan tinggal bersama keluarga dan masyarakat di kampung. Begitu juga di sini, sepuluh kampung di Distrik Ukha. Ini waktu yang baik untuk menjalin hubungan lebih baik dan dekat dengan masyarakat,” pesan Bupati.

Bupati Abock Busup yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Yahukimo, Niko Bayage, dan Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Yahukimo (PGGY ) Pdt. Matias Matuan, S. Th, sebelum meninggalkan Distrik Ukha, masyarakat “menodongnya” dengan permintaan agar memekarkan kampung mereka menjadi distrik baru. Tak disebutkan kampung apa, namun permintaan tersebut dibalas diplomatis.

“Usulan itu akan kami pertimbangkan sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku,” ucapnya.

Hingga saat ini, Yahukimo memiliki 51 distrik dan 517 kampung. Ia menjadi kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak diikuti Kabupaten Tolikara di wilayah adat Lapago.

Sementara itu, mewakili panitia, Elugun Selopele, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Abock Busup yang berkunjung langsung ke Ukha, yang adalah kampung halaman Wakil Bupati Yahukimo, Yulianus Heluka.

“Kehadiran Bapak dan rombongan di tempat ini menjadi suatu sukacita dan kebahagiaan buat kami, karena ini merupakan momen kebersamaan dangan peletakan batu dan Natal bersama di tempat ini. Kami juga berterima kasih atas sumbangan dana untuk pembangunan gereja kami,” ucap Selopele.

Bupati Abock Busup membantu dana pembangunan senilai Rp 200 juta secara tunai yang diterima langsung oleh panitia. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top