Merauke harus surplus beras dan ekspor ke PNG

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan telah mendapat laporan dari Gubernur Papua, Lukas Enembe, jika beberapa waktu lalu Kabupaten Merauke mengirim 50 ton beras ke Negara Papua Nugini (PNG).

“Saya berharap agar peningkatan produksi beras terus digenjot setiap tahun sehingga bisa surplus dan diekspor ke PNG,” kata Presiden Jokowi, kepada sejumlah wartawan, Jumat (16/11/2018).

Dikatakan, Pemerintah Pusat akan terus mendorong Kabupaten Merauke sebagai lumbung pangan nasional. Karena prospek pertanian di daerah ini sangat bagus untuk dikembangkan.

Hanya saja, lanjut Presiden, perlu ada kekuatan besar termasuk investasi. Juga alat mekanisasi pertanian yang perlu didukung.

“Begitu juga pengolahan tanah lebih baik lagi. Karena struktur tanah di Merauke sedikit berbeda dengan daerah lain,” katanya.

Dikatakan, jika berbagai fasilitas pendukung dipenuhi, termasuk saluran irigasi ditata secara baik, satu hektar padi diharapkan mampu menghasilkan 5 ton gabah.

Loading...
;

“Ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Pusat untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Merauke, karena memiliki prospek menjanjikan,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top