Meski didukung Legislator, mahasiswa tetap tolak pembangunan Polres di Intan Jaya

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Menanggapi pernyataan Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Maria Duwitau  yang mendukung pembangunan Polres di Intan Jaya, Senin 12 November 2018 lalu, Komunitas Mahasiswa Independent Somatua Intan Jaya (KOMISI) Kota studi Jayapura masih tetap menolak kehadiran Polres di Intan Jaya.

Ketua II Komisi Somatua, Deselinus Sani mengatakan seharusnya melihat aktivitas dan kriteria berdasarkan peraturan Kapolri nomor 7 Tahun 2014.

"Kami mahasiswa Komisi Somatua dan masyarakat akar rumput Intan Jaya, bukan tidak mau dengan hadirnya Polres namun penuhi dulu peraturan Kapolri nomor 7 Tahun 2014. Kabupaten Intan Jaya Memiliki dua Polsek yakni Posek Sugapa dan Polsek Homeyo, namun kriteria harus memiliki 4 wilayah hukum Polsek. Dan ini tidak layak memiliki Polres," kata Deselinus di Jayapura  Minggu, (18/11/2018), Abepura, Papua.

Disamping itu persetujuan pembangunan Polres di lakukan sepihak oleh kepala daerah (Bupati), mahasiswa meminta seharusnya hal seperti ini dibicarakan dengan masyarakat dan sesuai juga dengan kesepakatan masyarakat Intan Jaya bersama.

Di lain sisi, Komisi Simatua meminta pemerintah yang sedang berjalan harus ke Kabupaten Intan Jaya dan menetap di sana bukan berkantor di kabupaten lain karena selama ini masyarakat di Intan Jaya lapar dan haus dengan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu Adolpius Sondegau sebagai penasehat Komisi Somatua mengatakan kehadiran Polres di Kabupaten Intan Jaya tidak layak, pemerintah seharusnya melihat dan membangun infrastruktur baik ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta memperjuangkan (membuat) Perda yang belum ada dari berdirinya kabupaten tahun 2008 sampai 2018 sekarang.(*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top