HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mestinya jabatan Kapolda Papua dipercayakan kepada orang asli Papua 

Ilustrasi Markas Kepolisian Daerah Papua - facebook Humas Polda Papua
Ilustrasi Markas Kepolisian Daerah Papua – facebook Humas Polda Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota komisi bidang pemerintahan, politik, hukum, keamanan dan hak asasi manusia Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Laurenzus Kadepa menyatakan jabatan Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua seharusnya dipercayakan kepada orang asli Papua. Meski begitu, Kadepa tetap berharap penunjukan Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja sebagai Kapolda Papua akan memperbaiki cara kerja polisi di Papua.

Hal itu dinyatakan Kadepa menaggapi penunjukan Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja sebagai Kapolda Papua, menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin. “Sebagai orang Papua, saya kecewa terhadap penunjukan kapolda baru yang bukan orang asli Papua,” kata Kadepa via sambungan teleponnya kepada Jubi, Minggu (28/4/2019).

Kadepa mengakui penunjukan perwira tinggi Polri sebagai Kapolda merupakan kewenangan Kepala Polri (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian. Akan tetapi, Kadepa menyatakan Kapolri seharusnya mempertimbangkan kondisi daerah, karakter, dan hubungan emosional perwira tinggi Polri dengan warga di daerah tugas mereka.

Kadepa menyebutkan ada beberapa orang asli Papua yang layak diberi kepercayaan sebagai Kapolda Papua. Salah satunya Brigjen Pol Petrus Waine, yang pernah menjabat Inspektu Pengawasan Daerah Polda Papua dan Wakil Kepala Polda Papua Barat. Saat ini, Waine menjabat sebagai salah satu perwira tinggi di Markas Besar Polri.

Kadepa menyatakan pandangannya itu bukan didasari sikap ingin membeda-bedakan orang asli Papua dan non Papua. Pandangan itu dinyatakannya sebagai aspirasi berbagai kalangan di Papua. “Berbagai kalangan masyarakat mengaku kecewa karena jabatan Kapolda tidak dijabat anak asli Papua, dan membuat mereka bertanya apakah kekhususan dalam Otsus Papua masih berlaku,” ujarnya.

Meski begitu, Kadepa tetap berharap kehadiran Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja di Papua sebagai Kapolda dapat membawa perubahan dalam cara kerja polisi menangani berbagai masalah di Papua. “Terimakasih kepada Kapolda lama, Irjen Pol Martuani Sormin yang selama ini selalu membangun komunikasi dengan kami di DPR Papua, termasuk saya pribadi saat ada masalah di masyarakat,” ucapnya. 

Loading...
;

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar AM Kamal mengatakan, mutasi jabatan merupakan hal biasa dalam organisasi Polri. “Itu sebagai tour of duty personel Polri, juga sebagai penyegaran sehingga Polri semakin kuat, optimal dalam melindungi dan melayani masyarakat, serta memelihara keamanan, ketertiban, dan menegakkan hukum,” kata Kamal. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa