Follow our news chanel

Previous
Next

Mimika segera salurkan BLT dana desa untuk 26.536 keluarga

Foto ilustrasi. - pixabay.com
Mimika segera salurkan BLT dana desa untuk 26.536 keluarga 1 i Papua
Foto ilustrasi. – pixabay.com

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi – Pemerintah Kabupaten Mimika segera menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa sebesar Rp600 ribu per bulan kepada 26.536 keluarga yang tersebar di 133 desa atau kampung di 18 distrik setempat. Bantuan langsung tunai tersebut bersumber dari realokasi sebagian dana desa tahun 2020 yang akan dipotong 30 hingga 35 persen dari setiap desa atau kampung.

“Pengucuran BLT (Bantuan Langsung Tunai) tersebut guna membantu warga yang menghadapi kesulitan ekonomi di tengah situasi darurat pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Mimika, Michael Gomar, Minggu, (19/4/2020).

Baca juga : Alokasikan Rp100 juta dana kampung untuk tanggulangi covid-19

Dengan pakta integritas, penyalahgunaan Dana Kampung bisa dihukum tegas

Masalah keterbukaan, LPJ dana kampung terhambat

Loading...
;

Sesuai rencana setiap keluarga akan mendapatkan bantuan Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan ke depan. “Total anggaran yang disiapkan untuk program ini sebesar Rp48, 05 miliar,” kata Gomar menambahkan.

Ia menyebutkan penerima BLT merupakan keluarga yang sama sekali belum menerima bantuan apapun dari pemerintah seperti penerima Program Keluarga Harapan (PKH) melalui Kementerian Sosial. Untuk mendapatkan BLT Dana Desa, terlebih dahulu harus dilakukan pendataan di tingkat desa atau kampung masing-masing.

“Selanjutnya data itu diverifikasi kembali dan dilaporkan kepada kepala distrik (camat) setempat dan kemudian dilaporkan kepada Pemkab Mimika guna diterbitkan SK Bupati Mimika tentang BLT Dana Desa,” kata Gomar menjelaskan.

Saat ini rata-rata setiap desa atau kampung dari 135 desa atau kampung di Mimika mengelola Dana Desa dengan kisaran antara Rp800 juta hingga lebih dari Rp1 miliar per tahun.  Dana itu akan dipotong 30 persen untuk menunjang program BLT, sementara desa atau kampung yang menerima kucuran Dana Desa senilai Rp1 miliar hingga Rp2 miliar akan dipotong 35 persen.

Selain akan mengucurkan BLT Dana Desa, Pemkab Mimika dalam beberapa hari terakhir juga mulai mendistribusikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kota Timika dan sekitarnya, di mana penyaluran bantuan sembako tersebut dilakukan melalui para ketua RT.

“Penyaluran bantuan sembako kepada warga juga dilakukan oleh sejumlah organisasi sosial kemasyarakatan, gereja dan sejumlah wadah kerukunan suku-suku Nusantara di Kabupaten Mimika,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top