Mimika Sport Center, Venue olahraga mengagumkan di Papua

Papua
Nampak venue atletik dan bola basket yang saling berdampingan di kawasan Mimika Sport Center - Jubi/ Sudjarwo Husain.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dari sembilan venue yang disiapkan klaster Mimika menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, kawasan olahraga yang dihadiahi PT Freeport Indonesia, Mimika Sport Center bisa dibilang yang paling mengagumkan. Di kawasan ini terdapat venue bola basket dan atletik serta wisma atlet.

MSC merupakan kawasan olahraga yang dibangun oleh perusahaan tambang dunia, PT Freeport Indonesia, untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Bumi Papua, khususnya di klaster Mimika.

Secara fisik, kawasan MSC yang memiliki dua venue pertandingan yakni bola basket dan atletik itu sudah rampung 100 persen. Venue ini mulai dibangun sejak 2013 di atas lahan seluas 12,5 hektare milik Pemerintah Daerah Mimika.

External Affairs Manager MSC, Malik Aditya Lukito mengatakan kawasan MSC dibangun dengan menggunakan anggaran PT Freeport senilai 33 juta dollar Amerika Serikat atau kurang lebih setara dengan Rp490 miliar.

“MSC ini dibangun dengan dana kurang lebih 33 juta dollar atau setara dengan kurang lebih Rp490 miliar. Setahu saya awal pembangunannya ini dari tahun 2013 untuk ground breakingnya dan mulai start tahun 2014 dan selesai dibangun itu tahun 2016,” kata Lukito kepada awak media Jubi, baru-baru ini.

Saat ini, MSC sedang dalam masa pemeliharaan dan juga ada penambahan lintasan pemanasan untuk cabang olahraga atletik.

“Jadi mulai 2016 sampai dengan sekarang itu maintenance masih ditangani oleh PT FI. Sambil menunggu persiapan Pemda untuk diserahterimakan. Kalau untuk penambahan, sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Technical Delegate,” jelasnya.

Loading...
;

Mimika Sport Complex memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan venue serupa di wilayah Indonesia lainnya. Selain keberadaan venue basket dan atletik, kawasan ini juga dilengkapi dengan mess atlet.

“Kelebihan MSC sendiri itu ada tiga fasilitas utama yakni venue indoor (basket), outdoor (atletik) dan kemudian ada fasilitas asrama atlet yang bisa menampung 100 atlet,” kata Lukito.

Lukito mengungkapkan untuk venue basket bisa menampung sebanyak 5.500 penonton dan lapangan latihannya menggunakan lantai parket.

“Untuk venue indoor MSC nanti itu hanya akan digunakan cabor bola basket, kapasitasnya itu bisa menampung 5.500 penonton,” jelasnya.

Sementara untuk venue atletik, Lukito membeberkan jika venue tersebut sudah mengantongi sertifikat internasional dari federasi atletik dunia.

“Untuk yang outdoor ini atau venue atletik bisa menampung 3.500 penonton. Kalau kelebihannya itu, stadion atletik ini salah satu venue di Indonesia timur yang sudah bersertifikat kelas dunia. PT Fl membangun MSC ini dengan tujuan untuk mendukung aktivitas olahraga di Papua khususnya di Mimika,” ujarnya.

Sekretaris umum Sub PB PON Mimika, Cesar Avianto Tunya mengatakan PT Freeport tetap memberikan dukungannya kepada pemerintah Kabupaten Mimika dalam pembinaan dan pengembangan olahraga di Kabupaten Mimika.

“PT Freeport selalu memberikan dukungannya untuk pengembangan olahraga di Kabupaten Mimika, terutama mendukung penuh kesuksesan PON XX di Tanah Papua,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top