Follow our news chanel

Minim hujan di Sumba Timur, BMKG : Tekanan rendah di Australia

Ilustrasi kekeringan, pixabay.com
Minim hujan di Sumba Timur, BMKG : Tekanan rendah di Australia 1 i Papua
Ilustrasi kekeringan, pixabay.com

Wilayah Sumba Timur mengalami netral, sehingga kondisi cuaca di wilayah itu cenderung cerah hingga cerah berawan.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kupang, Jubi – Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika menyebut minimnya curah hujan di beberapa wilayah di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur akibat tekanan rendah di wilayah pesisir utara Australia. Hal itu menyebabkan wilayah Sumba Timur mengalami netral, sehingga kondisi cuaca di wilayah itu cenderung cerah hingga cerah berawan.

“Wilayah Sumba Timur mengalami kurangnya curah hujan akibat adanya ‘trough pressure’ atau daerah tekanan rendah di wilayah pesisir utara Australia,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi, Jumat, (31/2/2020).

Baca juga : Musim hujan, daerah ini masih dilanda kekeringan

NTT alami kekeringan ekstrem

Puluhan hektare sawah di Kabupaten Agam terancam kekeringan

Loading...
;

Tercatat sejumlah kawasan di wilayah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dilaporkan masih mengalami hari tanpa hujan dengan kategori kekeringan ekstrem yang menyebabkan banyak lahan pertanian di wilayah timur Pulau Sumba itu gagal tanam dan masyarakat kesulitan air bersih.

“Sampai saat ini sejumlah daerah di Kabupaten Sumba Timur masih mengalami kekeringan ekstrem. Hujan tidak pernah turun hingga saat ini,” kata Bupati Sumba Timur Gideon Mbilijora.

Beberapa daerah yang mengalami kekeringan ekstrem di kabupaten ujung timur Pulau Sumba itu terjadi di wilayah Kecamatan Umalulu dan Pandawai.

“Beberapa daerah itu belum turun hujan juga sampai sekarang kendati pun beberapa daerah lainnya di Sumba Timur sudah turun hujan dengan intensitas hujan ringan,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top