Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Minim insenerator, sampah menumpuk di RSUD Wamena

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Lingkungan sekitar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena, yang seharusnya bersih, saat ini memberikan pemandangan berbeda dengan adanya penumpukan sampah. Minimnya alat pembakar sampah medis dan sampah rumah tangga di rumah sakit (insenerator) disebut sebagai penyebabnya.

Direktur RSUD Wamena, dr. Feli Grecia Saureka, "Kendalanya kita punya insenerator cuma satu," katanya. "Selama ini, sampah rumah tangga dan medis yang menjadi berat jika harus dibakar di insenerator apalagi kalau tidak ada penampungan sementara," ujarnya kepada wartawan di Wamena, Senin (13/3/2017).

Minim insenerator, sampah menumpuk di RSUD Wamena 1 i Papua

Dr. Grecia menjanjikan untuk segera mengatasi penumpukan sampah tersebut dengan bekerja sama bersama pihak-pihak terkait, seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jayawijaya.  Untuk saat ini, dokter Grecia mengaku telah menugaskan stafnya untuk memilah sampah medis dan non medis sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Saya juga sudah minta agar setiap ruangan sudah harus dipilah sampahnya seperti sampah medis dan non medis. Sehingga saat dibuang, limbah medis akan dihancurkan di insenerator, sedangkan sampah non medis akan diangkut oleh petugas kebersihan dari BLH," ucapnya.

Sementara itu, Pemerintah daerah menyatakan hal senada dalam upaya penanggulangan penumpukan sampah yang disebabkan minimnya alat pembakar sampah medis tersebut.

Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon R. Banua berujar, “Saya juga akan memanggil kepala BLH agar membantu rumah sakit untuk melihat masalah ini, karena kalau kita lihat sampah hanya dengan dibakar begini tidak akan selesai sehingga kita upayakan untuk dibersihkan langsung,” ujar Banua. (*)

Loading...
;

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top