Follow our news chanel

Previous
Next

MP Bougainville ingin pemilu tetap dilakukan meski pandemi Covid-19

Orang-orang Bougainville baru-baru ini memilih untuk merdeka dari Papua Nugini. - ABC News/ Natalie Whiting
MP Bougainville ingin pemilu tetap dilakukan meski pandemi Covid-19 1 i Papua
Orang-orang Bougainville baru-baru ini memilih untuk merdeka dari Papua Nugini. – ABC News/ Natalie Whiting

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Vanuatu telah mengadakan pemilu nasionalnya di selang pandemi virus corona, negara kepulauan kecil Kiribati sekarang sedang di tengah pemilu nasionalnya, jadi apa yang akan terjadi dengan pemilu yang direncanakan tahun ini di Bougainville?

Sebuah keputusan tentang masalah ini diharapkan diambil Kamis lalu (16/4/2020), dalam sebuah sidang parlemen khusus.

Seperti banyak wilayah dan negara lain di Pasifik, Bougainville sedang mengimplementasikan keadaan darurat kesehatan publik Covid-19, dimana daerah perbatasannya telah ditutup dan berbagai peraturan telah diberlakukan untuk membatasi perjalanan dan pergerakan orang-orang.

Sementara kemungkinan adanya pertemuan publik akibat pemilu telah mengkhawatirkan beberapa pejabat kesehatan, setidaknya satu politisi senior, anggota parlemen Francesca Semoso, yang juga merupakan wakil ketua parlemen Bougainville, sedang melobi agar pemilu tetap dilakukan.

Menurut Semoso, pemilu ini sangat penting untuk masa depan Bougainville – mengingat pulau kecil itu baru-baru ini memilih untuk menjadi merdeka dari Papua Nugini.

Keputusan akhir tentang apakah akan kemerdekaan Bougainville akan dicapai atau tidak berada di tangan pemerintah pusat PNG.

Loading...
;

Dengan penerapan Keadaan Darurat saat ini, surat perintah pelaksanaan pemilu pemerintahan Bougainville tidak dapat dikeluarkan, proses yang harusnya terjadi sebelum parlemen berakhir pada Juni.

“Sangat penting bagi kita untuk memiliki pemerintah baru yang terpilih, yang dipilih oleh rakyat Bougainville, untuk dapat mengambil keputusan seperti terkait virus corona,” katanya kepada Pacific Beat. (Pacific Beat)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top