HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

MP Oposisi sebut rakyat Fiji sudah tidak percaya pemerintah

Anggota Partai SODELPA, MP Lynda Tabuya. - RNZI/Wikimedia commons / Stemoc
MP Oposisi sebut rakyat Fiji sudah tidak percaya pemerintah 1 i Papua
Anggota Partai SODELPA, MP Lynda Tabuya. – RNZI/Wikimedia commons / Stemoc

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Banyak orang Fiji yang telah kehilangan kepercayaan mereka terhadap pemerintah, karena penegakan hukum diterapkan secara tidak adil bagi mereka yang berkuasa, kata anggota oposisi Fiji.

Anggota parlemen (MP) Partai Sodelpa, Lynda Tabuya berkata di hadapan Parlemen, Senin lalu (18/11/2019), bahwa sebagian besar warga Fiji merasa putus asa dengan hasil akhir dari dugaan kasus penyerangan Perdana Menteri Frank Bainimarama kepada MP Pio Tikoduadua.

MP Oposisi sebut rakyat Fiji sudah tidak percaya pemerintah 2 i Papua

Tabuya menegaskan kalau rakyat Fiji sudah menonton video kejadian itu, yang direkam di luar kompleks Parlemen pada 9 Agustus, setelah rekaman tersebut tersebar di media sosial.

“Pada akhirnya, Perdana Menteri meminta maaf dan berangkat untuk menjadi tamu utama di suatu acara di luar negeri, sementara MP Pio Tikoduadua yang diserang ditangguhkan tanpa upah untuk setengah tahun. Karena hal ini, banyak dari kita yang sudah kehilangan kepercayaan pada pengayom undang-undang itu, pemerintah kita sendiri.”

MP Tabuya mengungkapkan pandangannya ini saat menanggapi pidato sambutan presiden selang pembukaan Parlemen pekan lalu. Langkah pertama dalam menghasilkan solusi atas persoalan-persoalan negara adalah mengakui bahwa ada masalah, katanya.

“Banyak orang Fiji yang merasa kecil hati dan dikhianati… suatu bangsa yang patah semangat dan tinggal sedikit harapannya.”

Loading...
;

“Pasal 20 ayat D dari UU tentang kewenangan parlemen menyatakan bahwa siapa pun yang menyerang seorang Anggota Parlemen dalam kompleks Parlemen telah melanggar peraturan.”

Tabuya lalu memuji mantan staf Parlemen, Iliesa Raduadua, karena tetap mempertahankan pendiriannya, bahkan setelah ia dipaksa mengundurkan diri karena membocorkan video itu.

PM Bainimarama telah meminta maaf atas kejadian itu di hadapan parlemen, sementara MP Pio Tikoduadua menolak maafnya. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa