Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

MP Oposisi Solomon pertanyakan keputusan pemerintah datangkan tenaga teknis Tiongkok

Anggota Parlemen (MP) dari Small Malaita dan mantan Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Rick Houenipwela. - RNZI / Koro Vaka'uta

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Anggota Parlemen (MP) dari Small Malaita dan mantan Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Rick Houenipwela, telah mempertanyakan keputusan pemerintah, menekankan risiko dari penerbangan charter ke Tiongkok.

MP Houenipwela mengajukan pertanyaan ini di lantai parlemen pada Selasa (28/7/2020), setelah mengetahui bahwa pemerintah Kepulauan Solomon sedang mengatur penerbangan khusus untuk menjemput 19 tenaga teknis asal Tiongkok langsung dari negara itu, untuk memulai persiapan Pacific Games 2023.

“Menyelesaikan proyek penting ini sesuai dengan jadwal dan tepat waktu adalah keputusan yang baik, namun pertanyaannya apakah risiko itu perlu diambil?” tanya Hou.

Dia lalu mempertanyakan apakah pemerintah yakin bahwa Tiongkok sekarang sudah lebih rendah ancaman Covid-19. “Mengirim pesawat Solomon Airlines ke Tiongkok tampaknya terlalu berbahaya,” ungkap Houenipwela.

Dia menambahkan bahwa jika pemerintah tetap mengizinkan penerbangan itu, keputusan itu bertentangan dengan kebijakan pemerintah dan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi orang-orang di negara ini dari pandemi Covid-19.

“Bahkan jika Tiongkok dinyatakan bebas virus corona, yang saya yakin itu tidak akan terjadi, bagaimana pemerintah bisa yakin bahwa negara dimana pesawat dan awak penerbangan itu akan transit juga bebas dari virus corona?” tuturnya. Menurut Houenipwela, membiarkan penerbangan khusus ke Tiongkok akan mengirim pesan yang salah kepada orang-orang di negara ini ketika pemerintah berusaha melindungi negara itu dari Covid-19.

Loading...
;

MP Houenipwela, yang saat ini juga merupakan anggota oposisi, menyarankan agar Pacific Games 2023 ditunda. Ia membenarkan pendiriannya, menerangkan bahwa acara-acara olahraga lain yang lebih penting dan lebih besar seperti Olimpiade juga harus ditunda karena pandemi Covid-19.

“Dengan keadaan saat ini, pemerintah bisa menunda Pacific Games 2023 dengan berbicara dengan presiden dewan Pacific Games Council.

Pekan lalu, menurut laporan Solomon Times Online, Perdana Menteri Manasseh Sogavare menegaskan komitmennya, menegaskan bahwa Kepulauan Solomon siap untuk menjadi tuan rumah Pacific Games 2023.

Solomon Star memahami bahwa penerbangan carter ke Tiongkok telah dijadwalkan untuk berangkat pada 29 Agustus dan memulangkan 50 warga negara Kepulauan Solomon yang terbengkalai disana dan belasan pejabat teknis dari Tiongkok untuk membantu membangun fasilitas Pacific Games. (Solomon Star)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top