Follow our news chanel

MRP: DPD jangan akomodir usulan DOB

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib, minta Dewan Perwakilan Daerah RI untuk tidak mudah mengakomodir usulan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) dari Papua.   

"Kalau ada bupati dan rombongan dengan dia punya gaya dis ana, tidak usah terima. Sebab tidak boleh sembarangan usulkan pemekaran di Papua," kata Murib ,saat rapat dengar pendapat dengan Komite I DPD RI, di Jayapura, kemarin. 

Ia tekankan usulan pemekaran sejatinya harus mendapat persetujuan tiga lembaga yakni Gubernur, MRP, dan DPR Papua, sebelum kemudian diusulkan ke pusat, karena perintah Undang-Undang Otsus seperti itu. Tidak bisa asal usulkan begitu saja.

"Pemekaran itu untuk siapa? Masyarakat orang asli Papua banyak yang mati. Itu hanya kepentingan elit politik, jadi mohon DPD RI tidak akomodir," ujarnya.

Yang harus dilakukan DPD, ujar ia, membantu atau mengakomodir setiap aspirasi lainnya di luar konteks pemekaran, seperti halnya pengusulan revisi Undang-Undang Otsus.

"Kami minta DPD RI bisa membantu setiap aspirasi Nusantara Bersatu dari Sabang sampai Merauke, termasuk dari provinsi Papua," kata Timotius Murib.

Loading...
;

Hal senada disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe. Dirinya mengatakan usulan pemekaran harus ada persetujuan tiga lembaga yakni Gubernur, DPRP, dan MRP.

"Selama tiga lembaga ini tidak setuju, berarti tidak. Sebab UU Otsus persyaratkan itu," kata Enembe.

Sebelumnya, pertemuan yang sempat menjadi viral di media sosial, sejumlah kepala daerah dan tokoh nasional serta Papua, di Hotel Borobudur Jakarta, menyepakati pengusulan pemekaran Provinsi Kepulauan Saireri. 

Mereka juga menyepakati pembentukan tim kerja yang akan melakukan sosialisasi dan membuat kajian akademis terhadap usulan daerah otonom baru Kepulaun Saireri, dengan ibukota di Biak.

Menyusul acara pertemuan akbar yang kedua, di Kota Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, sebagai lanjutan dari deklarasi 12-12-12, pembentukan Provinsi Teluk Cendrawasih. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top