Follow our news chanel

Previous
Next

Mulai hari ini, ratusan warga Mimika diperiksa COVID-19

Ilustrasi pengambilan sampel darah pasien - Pexels.com.
Mulai hari ini, ratusan warga Mimika diperiksa COVID-19 1 i Papua
Ilustrasi pengambilan sampel darah pasien – Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, mengemukakan sebanyak 950 warga setempat akan menjalani pemeriksaan massal COVID-19 secara cepat mulai Jumat (24/4/2020).

Pemeriksaan akan dilakukan dengan menggunakan rapid test untuk kepentingan penjaringan kasus sehingga bisa segera diambil langkah-langkah medis guna memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Mulai esok (hari ini-Red) 950 warga Mimika yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), dan orang tanpa gejala (OTG) serta mereka yang punya riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19 akan menjalani test cepat. Sejumlah orang yang akan ditest itu akan dijadwalkan berkunjung ke empat puskesmas dalam wilayah Kota Timika untuk pengambilan darah,” kata Reynold, Kamis (23/4/2020).

Selain PDP, ODP, OTG dan orang yang pernah memiliki riwayat kontak dengan pasien COVID-19, pemeriksaan cepat menggunakan rapid test itu juga akan diikuti oleh 106 penumpang yang baru tiba dari Jakarta dan Denpasar menggunakan penerbangan Garuda Indonesia pada Selasa (21/4/2020).

Sedianya pemeriksaan massal dengan menggunakan rapid test itu dilakukan pada Kamis (24/4/2020) pagi hingga siang, namun terpaksa diundur hingga Jumat (24/4/2020) lantaran 1.000 alat rapid test baru tiba dari Jayapura diangkut dengan pesawat Hercules TNI AU pada Kamis siang.

Dinkes Mimika sendiri memesan sebanyak 3.500 alat rapid test untuk kepentingan pemeriksaan cepat warga Mimika yang terindikasi terpapar COVID-19.

Loading...
;

Pemeriksaan cepat dengan menggunakan rapid test juga diprioritaskan kepada para tenaga kesehatan yang ada di rumah-rumah sakit baik yang bertugas di bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang isolasi pasien COVID-19, petugas laboratorium maupun tenaga penunjang medis lain yang ikut serta dalam penanganan pasien COVID-19.

Menurut Reynold, warga yang dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan cepat rapid test selanjutnya dirujuk ke RSUD Mimika untuk dilakukan pengambilan sampel spesimen swab dengan metode PCR untuk dikirim ke Jayapura guna diperiksa di Laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua.

Sementara yang hasilnya negatif akan kembali menjalani pemeriksaan rapid test kedua kalinya pada 10 hari setelah pemeriksaan pertama.

Hingga Kamis (23/4/2020), jumlah warga Mimika yang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan konfirmasi pemeriksaan Laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura sebanyak 41 orang, dimana dua pasien baru terkonformasi positif COVID-19 pada Kamis petang.

Dari jumlah itu, lima pasien sudah dinyatakan sembuh atau sehat, sementara tiga pasien meninggal dunia.

Hingga kini Mimika masih menunggu hasil pemeriksaan sampel spesimen swab 31 pasien.

Sementara pasien COVID-19 yang menjalani perawatan dan isolasi sebanyak 33 orang yaitu 13 orang di RSUD Mimika, 11 orang di shelter Wisma Atlet Timika, dan sembilan orang di RS Tembagapura. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top