Follow our news chanel

Musim Hujan, Tak Ada Tenaga Medis di Kampung Kaliki – Merauke

Masyarakat di Kampung Kaliki saat sedang bersama Mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Jubi/Frans L Kobun
Masyarakat di Kampung Kaliki saat sedang bersama Mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Masyarakat di Kampung Kaliki, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke mengeluhkan tidak adanya tenaga medis terutama perawat maupun bidan di tempat tugas. Padahal, bangunan puskesmas pembantu (pustu)  telah lama berdiri di kampung itu.

Tokoh Masyarakat Kampung Kaliki, Samuel Mahuze kepada Jubi Kamis (24/3/2016) di kampung tersebut menuturkan, pada musim hujan seperti saat ini, petugas medis tidak pernah  datang dan tinggal di kampung untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Memang kondisi jalan rusak yang hingga kini belum diaspal mengakibatkan kendaraan roda dua sulit masuk ke kampung,” katanya.

Alasan transportasi kerap menjadi alasan tenaga medis untuk  tidak bertugas, padahal pada musim penghujan  banyak warga kampung yang sakit dan membutuhkan pengobatan. “Ini yang terus kami persoalkan dari waktu ke waktu. Kalau ada pasien emergency, terpaksa menelepon mobil ambulance  datang dan membawa pasien ke Puskesmas Kurik,” tuturnya.

Beberapa hari lalu, katanya, salah seorang anak yang berusia 6 tahun, digigit ular dan nyawanya tak dapat diselamatkan. Ketika akan dibawa ke pustu, petugas kesehatan tak berada di tempat. “Nah, ini persoalan dan terus terang, kami kecewa karena nyawa anak ini tak bisa diselamatkan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Stefanus Osok menegaskan, jika ada petugas kesehatan yang tidak menjalankan dan atau melaksanakan tugasnya dengan baik, akan diberikan tindakan tegas. (Frans L Kobun)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top