Follow our news chanel

Musim siklon hampir mulai, 8 diperkirakan di Pasifik, Samoa aman

Desa Mulinu’u di Samoa, dimana Siklon Gita menerjang  pada awal 2018. - Layanan Meteorologi RNZ Pasifik / Samoa

Papua No.1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Kementerian SDA dan Lingkungan Hidup (MNRE) Samoa, melalui divisi meteorologi, memperkirakan akan ada enam hingga delapan siklon tropis di seluruh wilayah Pasifik dalam beberapa bulan ke depan.

Umumnya untuk bagian wilayah Pasifik, bulan-bulan akhir tahun dan berlanjut ke bulan-bulan awal tahun berikutnya, curah hujan yang tinggi dan cuaca buruk mendominasi.

CEO MNRE, Ulu Bismarck Crawley, yang akan turun jabatan dalam waktu dekat, mengajukan laporan itu kepada Komite Pembangunan Kabinet Samoa pekan lalu seraya memberikan laporan pekerjaan terkini dari kementeriannya.

“Kami memprediksikan akan hujan deras selama beberapa bulan ke depan. Meskipun ini mungkin sesuai dengan sebagian besar rencana perayaan akhir tahun Samoa, namun musim penuh hujan ini akan memainkan peran positif yang penting dalam membersihkan lingkungan Samoa,” menurut Ulu. “Biasanya, hujan lebat menyebabkan lebih banyak air mengalir melalui sungai-sungai dan kolam kecil di Samoa. Umumnya saat-saat seperti inilah kita mendapatkan semacam pembersihan lingkungan sekitar kita secara alami.” jelasnya.

Ini juga merupakan kabar baik bagi petani-petani di Samoa.

“Musim ini pasti akan membawa curah hujan yang sangat dibutuhkan oleh para petani kita. Akhir-akhir ini cuaca cukup panas dan kering di Samoa, jadi musim ini akan membawa air yang sangat diperlukan untuk melembapkan tanah yang dibutuhkan oleh pekerja pertanian kita, ” tambah Ulu.

Loading...
;

Namun, melaporkan hal yang jauh lebih serius, CEO Kementerian Lingkungan Hidup itu juga mengungkapkan bahwa Samoa serta kawasan pasifik lainnya harus bersiap-siap selama beberapa bulan ke depan, dengan perkiraan setidaknya enam hingga delapan siklon terbentuk secara umum.

Untuk Samoa, menurut Ulu, risikonya minim. “Kita perkirakan mungkin satu siklon, atau bahkan tidak ada sama sekali, yang melewati ke Samoa,” tegasnya. (Savali Newspaper/PACNEWS)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top