Follow our news chanel

Nabire canangkan satu koperasi, satu kampung

Papua
Ilustrasi pengelolaan keuangan - Pexels.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, JubiPemerintah Kabupaten Nabire mencanangkan pendirian satu koperasi pada setiap kampung. Program tersebut akan diusulkan pada pembahasan APBD perubahan.

“Program ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah dalam menyejahterakan masyarakat. Jika terlambat (diajukan pada APBD perubahan), akan diprioritaskan pada anggaran tahun depan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Nabire Viktor Tebai, Kamis (15/10/2020).

Gagasan program satu koperasi, satu kampung dilatari kondisi ekonomi dan sosial setempat. Banyak warga tidak berdaya dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Mereka terjebak pada gaya hidup boros dan kebiasaan berjudi.

“Banyak warga belum mampu menggali potensi kemampuan diri sehingga hidup mereka bergantung kepada orang lain. Ada yang bahkan mengandalkan togel (sebagai sumber pendapatan),” ungkap Tebai, yang baru sekitar sepekan menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Nabire.

Tebai mengklaim pembentukkan koperasi menjadi salah satu intervensi pemerintah setempat untuk menggerakan perekonomian kampung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia berharap semua pihak mendukung upaya tersebut.

“Jangan sampai warga menjual tanah, menjadi peminta-pinta, dan melakukan tindak kriminal akibat tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarga.  Bila perlu, kami paksa mereka supaya berdaya karena imbas (kemiskinan) sangat besar,” katanya.

Rencana pendirian koperasi akan disosialisasikan terlebih dahulu. Bidang garapannya pun menyesuaikan dengan kondisi setempat, terutama kearifan lokal dan pengelolaan sumber daya alam.

Loading...
;

“Misalnya, di kampung itu terdapat potensi kayu besi (ulin) atau sagu, maka koperasinya akan bergerak di (usaha) pengelolaan kayu ulin atau sagu. Hasil (penjualannya) dikelola oleh koperasi sehingga keuntungannya juga bisa bermanfaat bagi anggota lain,”  jelas Tebai.

Program satu koperasi, satu kampung direspon positif kalangan DPRD Nabire.  Sambena Inggeruhi, salah satunya.

“Saya pasti dukung. Pemimpin OPD (organisasi perangkat daerah) sudah seharusnya inovatif dan kreatif dalam menjalankan program yang bersentuhan langsung dengan (peningkatan kesejahteraan) masyarakat,” kata Inggeruhi. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top