Follow our news chanel

Nabire genjot pendapatan asli daerah

Ilustrasi pertumbuhan pendapatan - pixabai.com
Nabire genjot pendapatan asli daerah 1 i Papua
Ilustrasi pertumbuhan pendapatan – pixabay.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire bertekad menggenjot Pendapatan Asli  Daerah (PAD). Saat ini terdapat 11 jenis penerimaan pajak yang berpotensi menjadi lumbung PAD bagi Nabire.

Untuk itu, Pemkab Nabire bekerja sama dengan Bank Papua dalam perekaman daring (online) terhadap penerimaan PAD. Pengoperasian piranti tersebut guna mencegah kebocoran atau penyalahgunaan PAD.

“Itu (perekam PAD) sudah di pasang di hotel dan beberapa restoran. Kami bersama Bank Papua terus berupaya pemasangannya menjangkau seluruh hotel dan restoran di Kabupetan Nabire,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Nabire Daniel Maipon kepada Jubi, Selasa (5/11/2019).

Pemkab Nabire juga bakal mengevaluasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) yang selama ini menjadi penghasil atau penyumbang PAD. OPD tersebut, di antaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Perhubungan.

“Berapa pendapatan yang mereka setor, itu akan diteliti. Hasil evaluasi tersebut menjadi masukan bagi pelaksanaan pada tahun depan,” ujar Maipon.

Pemkab Nabire juga berencana menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat maupun provinsi untuk mengoptimalkan pendapatan dari pajak daerah. Upaya itu, di antaranya bertujuan menggarap potensi pendapatan pajak dari aktivitas galian C.

Loading...
;

“Kontraktor dari luar yang menangani galian C di Nabire (masih) sulit membayar pajak. Itu juga bagian dari evaluasi kami,” lanjut Maipon.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Nabire Fatmawati mengklaim PAD Nabire dalam lima tahun terakhir selalu melampaui target. Namun, pencapaian itu bukan dari OPD penghasil PAD melainkan hanya dari Bapenda.

“(Kontribusi) OPD penghasil (PAD) sangat minim. Mungkin mereka kurang dukungan (dana) operasional. Kalau kami, ada dukungan maupun tidak, tetap bergerak (beroperasi),” kata Fatmawati melalui telepon. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top