HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Nabire tetap antisipasi penyebaran virus corona

Konferensi pers di Posko Penanggulangan Covid-19 Nabire, Senin (23/3/2020) - Jubi/Titus Ruban.
Konferensi pers di Posko Penanggulangan Covid-19 Nabire, Senin (23/3/2020) – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pemerintah Kabupaten Nabire menetapkan status siaga darurat dalam penanggulangan pandemi covid-19. Walaupun penyebaran penyakit tersebut belum terdeteksi di Nabire, sejumlah langkah telah dilakukan untuk mengantisipasinya.  

“Penetapan status siaga darurat untuk mencegah dan menanggulangi (kemungkinan) pandemi covid-19 di Nabire. Langkah-langkah strategis kami lakukan agar masyarakat mematuhi arahan dan petunjuk medis sehingga terhindar dari wabah (pandemi covid-19),” kata Penjabat Sementara Sekretaris Daerah Nabire Daniel Maipon, saat konferensi pers di Posko Penanggulangan Covid-19 Nabire, Senin malam (23/3/2020).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire telah membentuk gugus tugas penanggulangan Covid-19. Pembentukannya ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Nabire Nomor 116 Tahun 2020.

“Keputusan bupati tersebut mengharuskan semua informasi tentang pandemi (covid-19) dikeluarkan (hanya berasal dari) juru bicara (yang ditunjuk pemerintah setempat). Mereka berasal dari Dinas Kesehatan, dan Penanggung jawab RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Nabire,” jelas Maipon.

Gugus tugas juga telah mengelar beberapa pertemuan dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Nabire dan para pemangku kepentingan lain. Salah pembahasan mereka ialah antisipasi kelangkaan bahan pokok akibat aksi borong karena kepanikan warga.

“Kami juga telah melakukan pertemuan dengan para distributor kebutuhan pokok, dan meminta mereka melaporkan ketersedian stok untuk kebutuhan selama tiga bulan. Selain itu, melakukan pertemuan dengan pemilik apotek dan toko obat. Mereka diminta menjual masker dan hand sanitizer (penyanitasi tangan) dengan harga sewajarnya,” jelas Maipon.

Loading...
;

Dia melanjutkan upaya lain yang mereka lakukan ialah meningkatkan koordinasi dengan aparat keamanan, dan memperketat pengawasan terhadap bandara maupun pelabuhan laut. “Kami berharap masyarakat menaati (anjuran) karantina mandiri dengan tidak berkeliaran di tempat umum.”

Baca juga  Kisah Pendeta Victor A Corputy, rela jalan kaki sejauh 25 kilometer

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulanagan Covid–19 Nabire, Frans Sayori memastikan wilayah mereka masih aman dari pandemi tersebut. Belum ada satu pun warga ditetapkan sebagai orang dalam pengawasan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

“Sampai hari ini belum ada kasus covid-19 di Nabire. Namun, kami berharap masyarakat tetap mewaspadainya. Jangan berkeliaran di luar rumah tanpa kepentingan jelas,” kata Sayori. (*)

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa