Follow our news chanel

Nama Mandacan disebut dalam sidang Wahyu Setiawan, Pemprov Papua Barat siapkan tim pengacara

gubernur mandacan, papua
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. -Jubi/Hans Kapisa
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. -Jubi/Hans Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi –Kepala biro hukum Pemprov Papua Barat, Roberth Hammar belum dapat membenarkan kabar keterlibatan orang nomor satu di Pemerintah Papua Barat,  yang namanya ikut terseret dalam dakwaan Jaksa KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) pada persidangan kasus Wahyu Setiawan.

Menurut Hammar, informasi tersebut baru diketahui melalui pemberitaan media, sehingga belum bisa dipercaya kebenarannya.

Sebagai pimpinan biro hukum pihaknya sedang menyiapkan tim untuk melakukan penelitian dan pengumpulan data untuk memastikan kebenaran informasi itu.

“Saya masih mengumpulkan data, memang itu hak orang dalam persidangan,  dia bisa sebut siapa saja. Tapi kan penyebutan nama perlu dibuktikan. Karena yang didalam berita juga belum tentu benar seperti itu, jadi kami harus mengecek lagi kebenarannya,” kata Hammar kepada wartawan, Jumat (29/5/2020).

Hammar juga mengatakan, tim pengumpul data yang dibentuknya, dilengkapi sejumlah pengacara senior di Papua Barat seperti Advokat Yan Christian Warinussy dan Demianus Waney yang akan menindaklanjuti penyebutan nama Gubernur Dominggus Mandacan dari sisi hukum.

Dua advokat ini akan memastikan, apakah nama Gubernur Dominggus benar-benar disebut dalam dakwaan Jaksa atau hanya pengakuan Saksi.

“Kita belum tahu pastinya. Tapi kalau benar itu dalam dakwaan, atau sebatas keterangan saksi, nanti tim hukum kami akan menyelidiki lebih jelas. Kalau itu tidak benar,  maka tentu ranahnya pencemaran nama baik. Atau itu tujuannya apa, apakah karena jelang pesta demokrasi, tapi kita harus cek lagi apakah itu dia sebut dengan penuh kesadaran, atau dia menyebut dengan tekanan-tekanan,” kata Hammar.

Loading...
;

Sebelumnya, mantan komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan didakwa menerima suap Rp500 juta dari Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam persidangan di PN Tipikor Jakarta, Kamis kemarin.

Dalam dakwaan, hasil uang Rp500 juta ini diberikan kepada Wahyu melalui Sekretaris KPU Papua Barat, Rosa Muhammad Thamrin Payapo. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top