Follow our news chanel

Previous
Next

Natal dan tahun baru, sampah di Merauke meningkat hingga 200 persen

Sampah yang menggunung di TPS Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun
Natal dan tahun baru, sampah di Merauke meningkat hingga 200 persen 1 i Papua
Sampah yang menggunung di TPS Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Volume sampah  yang dibuang di tempat penampungan sementara (TPS)  jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai pada saat hari raya Natal dan Tahun Baru 2020 meningkat hngga 200 persen dengan rata-rata antara 70 hingga 80 ton per hari.  Sampah yang dibuang didominasi  kaleng serta sampah kering dan basah.

“Kalau hari biasa sampah yang dibuang hanya sekitar 40 ton. Memang terjadi peningkatan sampah hingga 200 persen,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Harmini  Senin (6/1/2020).

Baca juga : Sungai Martapura dipenuhi sampah

Kebakaran lapak di Cengkareng diduga dari pembakaran sampah

Pembuangan sampah mulai tidak tertib di Pasar Pharaa

Kebanyakan sampah diangkut dari dua pasar Wamanggu maupun Mopah serta di rumah rumah warga. “Oleh karena hanya satu TPS, sehingga semua tertumpuk di situ. Setelah itu dipilah baru diangkut untuk dibuang ke TPA di Bokem,” kata Harmini menambahkan.

Loading...
;

Sayangnya saat ini hanya terdapat satu TPS, padahal idealnya setiap 200 keluarga harus ada satu TPS. Sehinggaa sampah dari masyarakat dapat ditampung dan selanjutnya diangkut petugas untuk dibawa ke TPA.

“Memang kami kesulitan mendapatkan tempat membangun TPS. Selain itu juga masyarakat melakukan penolakan, setelah dilakukan pendekatan. Tidak tahu alasan mendasarnya,” kata Harmini menjelaskan.

Seorang warga Samkai, Martha 60 tahun mengaku sering melintas di TPS Dorem Kai dengan aroma sangat menyengat sehingga mengganggu.

“Saya berharap sampah yang diangkut dari pasar atau rumah warga, tidak ditumpuk terlalu lama di TPS. Karena aroma yang sangat menyengat,” kata Martha . (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top