TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Natalius Pigai: kami melawan rasisme sistematis oleh negara

Papua-Natalius Pigai
Natalius Pigai dan Abu Janda saat pertemuan beberapa waktu lalu - Jubi/IST

Papua No.1 News Portal | Jubi

Enarotali, Jubi – Natalius Pigai, salah satu korban rasisme mengungkapkan dirinya bersama seluruh orang asli Papua (OAP) tetap konsisten melawan kejahatan rasisme tersistematis oleh Negara Republik Indonesia.

“Kita lawan kejahatan rasisme negara, bukan soal individual kecil. Bangsa Papua melawan rasisme sistematis oleh Negara Indonesia,” ujar Natalius Pigai kepada Jubi melalui WhatsApp, Kamis (11/2/2021).

Hal itu dikatakan Pigai untuk menanggapi banyak tanggapan miring pasca-menerima permohonan Abu Janda untuk menemuinya. Menurut Pigai, sudah 5.000-an akun Facebook melakukan tindakan rasis padanya.

“Kalau main individu itu tidak perkecil soal, karena di saya saja 5.000-an nama pelaku rasis,” ucapnya.

“Selama pemerintahan Joko Widodo, pembantaian, pembunuhan, dan kejahatan HAM di Papua cenderung didasari rasisme. Kita harus hapuskan rasisme. Negara memelihara dan mengelola rasisme sebagai alat pemukul tiap orang yang berseberangan dengan kekuasaan,” ungkap mantan komisioner Komnas HAM RI ini.

Ia menambahkan, rasismme telah menjadi kejahatan kolektif negara pada rakyat Papua, bangsa Melanesia.

Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto kepada Jubi mengatakan, citra mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai yang keras dan kritis pada aksi rasialisme seolah sirna seketika saat dirinya bertemu dengan pegiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda.

“Saya menyayangkan pertemuan antara Pigai dan Abu Janda yang dimoderatori oleh politisi Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad,” kata Satyo.

Terlebih lagi, usai pertemuan itu Pigai membuat pernyataan bahwa Abu Janda tidak bisa dijerat delik hukum atas postingan di media sosial yang berbau rasisme terhadap dirinya.

“Disayangkan pernyataan bung Pigai yang justru seolah-olah seperti kuasa hukumnya Permadi si Abu Janda,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us