Nataniel Tipagau ditangkap dan ditahan di Polda Papua

Direktur LBH Papua
Direktur Lembaga Bantuan Hukum Papua, Emanuel Gobay - Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Direktur Lembaga Bantuan Hukum atau LBH Papua, Emanuel Gobay bersama anggota Majelis Rakyat Papua, Siska Abugau dan Pastor Paul Tumayang OFM mendatangi Markas Kepolisian Daerah Papua di Kota Jayapura, Selasa (5/1/2021). Mereka datang untuk memastikan keberadaan aktivis Komite Nasional Papua Barat atau KNPB Intan Jaya, Nataniel Tipagau yang dikabarkan hilang sejak Senin (4/1/2021).

Usai mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Emanuel Gobay membenarkan Nataniel Tipagau ada ditahanan Polda Papua sejak Senin. “Benar Nataniel ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua,” kata Gobay saat dihubungi Jubi melalui layanan pesan singkat, Selasa.

Gobay menyatakan ia bersama anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Siska Abugau dan Pastor Paul Tumayang OFM mendatangi Markas Polda Papua, untuk memastikan keberadaan Nataniel Tipagau. Gobay menyatakan hingga Selasa ia belum bisa bertemu Nataniel, sehingga belum bisa berkomentar soal penangkapan dan penahanan Nataniel itu.

Baca juga: Komnas HAM diminta selidiki dugaan penyiksaan 14 aktivis KNPB

“Saya belum tahu pasti [kenapa dia ditahan]. Kepastiannya saya akan infokan setelah ketemu Nataniel Tibagau. Memang ada info yang beredar kalau dia [masuk] Daftar Pencarian Orang dalam kasus [terkait] Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Akan tetapi, saya memilih abaikan,  dan akan infokan kepastiannya setelah bertemu Nataniel Tipagau,” kata Gobay.

Ketua Kelompok Kerja Perempuan MRP, Siska Abugau juga menyatakan belum bisa berkomentar terkait penangkapan dan penahanan Nataniel Tipagau itu. “Mama belum bisa kasih komentar karena belum ketemu. [Yang] penting sudah jelas, [dia] ditangkap dan ada di Polda,” kata Abugau.

Sejumlah media telah melansir berita bahwa Nataniel Tipagau ditangkap dengan sangkaan terlibat kasus perdagangan senjata api dan amunisinya. Jubi telah berupaya untuk mendapatkan konfirmasi masalah penangkapan Nataniel Tipagau dari Polda Papua. Akan tetapi, hingga berita ini diturunkan, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua belum menjawab upaya konfirmasi jurnalis Jubi.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top