Follow our news chanel

Negara ini berencana legalkan ganja

Foto ilustrasi, tumbuhan ganja. - pixabay.com
Negara ini berencana legalkan ganja 1 i Papua
Foto ilustrasi, tumbuhan ganja. – pixabay.com

Perdana Menteri Edi Rama mengatakan saatnya bagi Albania, negara termiskin di Eropa, memanfaatkan pasar yang menguntungkan itu dan mengikuti jejak Makedonia Utara, Yunani, dan Italia.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Tirana, Jubi – Albania berencana melegalisasi penanaman ganja  untuk kebutuhan medis. Perdana Menteri Edi Rama mengatakan  rencana kebijakan itu dilakukan setelah selama enam tahun menindak keras perdagangan ilegal mariyuana.

Tercatat selama perdagangan ganja ilegal di Albania, negara itu dinilai banyak pihak telah berubah jadi perkebunan mariyuana terbesar di Eropa.

Baca juga : Nama gembong narkoba Meksiko jadi branding bir

Ribuan tentara Guatemala diterjunkan pascaserangan geng narkoba

Malaysia sita 3,7 ton narkoba

Loading...
;

Perdana Menteri Edi Rama mengatakan saatnya bagi Albania, negara termiskin di Eropa, memanfaatkan pasar yang menguntungkan itu dan mengikuti jejak Makedonia Utara, Yunani, dan Italia. Beberapa dari negara itu telah menerima berton-ton ganja dari Albania pada 2015 dan 2016.

“Penanaman (ganja) ilegal telah dikendalikan seluruhnya,” kata Rama ke awak media lewat sesi jumpa pers virtual.

Ia mengatakan saat ini telah melalui tahap konsolidasi ketiga atau keempat. “Kami berencana mengesahkan rancangan undang-undang itu saat sidang parlemen,” kata Rama menambahkan.

Sebelum Rama, memimpin Partai Sosialis memenangi pemilihan umum pada 2013, Lazarat, telah menjadikan daerah di Albania berbatasan dengan Yunani, menjadi lahan perkebunan ganja skala industri yang tak tersentuh hukum dan aturan negara selama kurang lebih 15 tahun.

Namun, lewat operasi militer pada Juni 2014, kepolisian mengakhiri perdagangan ganja ilegal di Kota Lazarat. Akan tetapi dua tahun setelahnya, ladang ganja dapat ditemukan di sebagian besar wilayah Albania sehingga sejumlah pihak meragukan kemampuan pemerintah memerangi kelompok kriminal terorganisir sebagaimana diminta oleh Uni Eropa (EU).

Pemerintah Albania telah mengajukan keanggotaan untuk bergabung dengan Uni Eropa, tetapi permintaan itu masih dibahas oleh negara anggota. Terkait itu, Misi EU di Albania mengatakan pihaknya dan Komisi Eropa tidak dapat berbuat apa pun terhadap rencana legalisasi tanam ganja di Albania.

Pernyataan itu diunggah ke Twitter oleh perwakilan EU setelah PM Rama menjawab pertanyaan kepala delegasi EU di Tirana mengenai penggunaan ganja untuk kebutuhan medis pada sesi jumpa pers, Sabtu pekan lalu. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top