Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Nelayan waspadai gelombang 3 meter hingga Juni

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Prospek cuaca satu minggu berjalan berawan hingga hujan diikuti dengan gelombang laut paling tinggi 1,5 meter. Arahnya dari barat hingga timur laut, karena matahari berada di belahan bumi utara, sehingga saat ini suhu permukaan laut menghangat.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Data Informasi Bagian Wilayah V BMKG (Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika) Jayapura, Darmawan kepada Jubi di ruang kerjanya, Selasa (14/3/2017).

Nelayan waspadai gelombang 3 meter hingga Juni 1 i Papua

“Gelombang laut yang tinggi ini akan berjalan sampai bulan Juni karena matahari masih di belahan utara bumi. Kemudian Juni-September matahari akan kembali ke kathulistiwa dan September ke Desember matahari di selatan,” katanya.

Ia mengatakan, kondisi menghangat ini masih panjang, sehingga nelayan harus hati-hati, karena gelombang air laut bisa meningkat.

“Sekarang ini masih di 1,5 meter, tapi kalau sudah di bulan Juni ke atas itu bisa menapai 3 meter dan itu harus di waspadai,” katanya.

Pihaknya pun mengharapkan agar nelayan harus melihat kondisi cuaca sebelum melaut. Meski demikian, BMKG, lanjutnya, tetap menginformasikan perubahan cuaca melalui radio dan televisi serta melalui aplikasi WhatsApp.

Loading...
;

“Misalnya ada badai atau ada embrio siklonik yang sampai saat ini masih ada di utara Papua, samudra pasifik bagian barat itu juga mengakibatkan gelombang tinggi dan masih kami pantau terus tiap hari untuk diinfokan,” katanya.

Seorang nelayan di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Ismail mengatakan, bulan Maret susah mendapatkan ikan. Tangkapan berkurang karena gelombang laut yang berkecamuk. Oleh karena itu, ia dan kawan-kawannya tak mau mengambil risiki untuk mencari ikan lebih jauh dari garis pantai.

“Ombak dan cuaca angin yang kencang sulit kami kendalikan perahu dan jaring yang kami tebar di laut. Kadang terbawa ombak, sehingga kami menunggu waktu yang pas untuk melaut. Itu pun syukur kalau dapat tangkapan ikan,” kata Ismail. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top