Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Normal baru, warga Kota Jayapura kembali berbelanja ke pasar

Pasar Hamadi Papua
Pedagang dan pembeli mulai ramai bertransaksi di Pasar Hamadi, Kota Jayapura, Selasa (9/6/2020). - Jubi/Ramah
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –

Relaksasi atas Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat yang diterapkan Pemerintah Kota Jayapura, Papua, mulai membuat warga kembali beraktivitas di luar rumah. Pada Selasa (9/6/2020), Pasar Hamadi di Distrik Jayapura Selatan mulai diramaikan oleh pembeli, kendati masih ada lapak pedagang yang kosong.

Pengunjung Pasar Hamadi, Karilina Yewi, mengatakan pandemi Covid-19 di seluruh dunia memang berdampak terhadap aktivitas warga berbelanja ke pasar. “Ya kalau datang ke pasar, pakai Alat Pelindung Diri seperti masker dan sarung tangan. Pedagang juga harus jaga jarak dengan pembeli dan harus mengikuti protokol kesehatan,” ujar Yewi di Pasar Hamadi.

Normal baru, warga Kota Jayapura kembali berbelanja ke pasar 1 i Papua

Yewi mengaku selalu menggunakan Alat Pelindung Diri supaya tidak tertular virus korona. Ia juga tidak lupa handsanitizer selalu dibawanya.

Baca juga: Sejumlah aspek jadi pertimbangan Pemkot Jayapura dalam menetapkan normal baru

“Pemerintah daerah harus memperketat lagi protokol kesehatan di pasar, karena masih ada yang datang ke pasar tidak pakai masker. Bahkan ada yang tidak jaga jarak saat berbelanja,” ujar Yewi.

Pedagang komoditas pertanian di Pasar Hamadi, Kasim mengatakan geliat ekonomi di pasar mulai ramai, namun belum seramai suasana sebelum Covid-19 mewabah. Menurutnya, pendemi Covid-19 di Papua menggerus omset para pedagang secara signifikan.

Loading...
;

“Pasar dibuka kembali setelah ditutup hampir dua minggu. [Saat pertama buka], belum banyak pembeli yang datang. Sekarang sudah kembali ramai. Penjualan belum normal. Saya berharap aktivitas di pasar kembali normal, sehingga omset kami kembali normal,” ujar Kasim.

Kasim mengaku tetap mengikuti protokol kesehatan. Ia bahkan menyediakan galon berisi air, juga sabun, agar pembelinya bisa mencuci tangan sebelum bertransaksi. “Demi kesehatan kita semua,” tutur Kasim.

Dari pantauan Jubi, aktivitas warga Kota Jayapura di luar pasar pun mulai terlihat ramai. Pengendara mulai ramai di jalanan, setelah Pemerintah Kota Jayapura merelaksasi pembatasan waktu beraktivitas warga.

Sebelumnya, kebijakan Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat yang digulirkan Pemerintah Provinsi Papua membatasi waktu beraktivitas di luar rumah, di mana warga hanya boleh keluar rumah pada pukul 06.00 – 14.00. Kini warga bisa beraktivitas di luar rumah pada pukul 06.00 – 17.00 WP.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top