NPHD Pilkada Yahukimo sudah tersalur 100 persen

Bupati Yahukimo Papua
Bupati Yahukimo, Abock Busup. - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi ā€“Ā Pemerintah Kabupaten Yahukimo, Papua telah mengucurkan semua anggaran Nota Perjanjian Hibah Daerah atau NPHD Pemilihan Kepala Daerah 2020. Hal itu dinyatakan Bupati Yahukimo Abock Busup di Kota Jayapura, Papua, Rabu (9/9/2020).

Untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Yahukimo 2020, Pemerintah Kabupaten Yahukimo telah menandatangani NPHD dengan sejumlah instansi vertikal yang terlibat. NPHD Pilkada Yahukimo 2020 itu meliputi hibah untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yahukimo (Rp75 miliar), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Yahukimo (Rp20 miliar), dan TNI/Polri (Rp6 miliar).

Abock Busup menyatakan seluruh kesepakan seluruh penjanjian hibah itu telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Yahukimo. “Semua sudah masuk ke rekening masing-masing, tinggal bagaimana mereka, [KPU, Bawaslu dan Kepolisian] menggunakannya,” kata Busup.

Baca juga:Ā Inilah 35 paslon dalam Pilkada 11 kabupaten di Provinsi Papua

Soal permintaan tambahan hibah, Busup menyatakan hal itu bisa saja dilakukan jika dana hibah yang telah dicairkan Pemerintah Kabupaten Yahukimo telah terserap. Jika hibah yang telah dicairkan tidak diserap dan dipertanggungjawabkan dengan baik, Busup menyatakan pihaknya tidak akan bisa menambah anggaran Pilkada Yahukimo bagi instansi vertikal itu.

“Jadi selama anggaran di rekening masing-masing masih ada, maka penambahan belum bisa dilakukan. Hal ini sesuai dengan arahan Kementerian Keuangan. Kalau sepanjang penyerapan anggaran belum ada, otomoatis tidak bisa ada penambahan anggaran,” ujar Busup.

Ia mengimbau anggaran yang telah dihibahkan itu dapat dipergunakan dan dipertanggujawabkan penerima hibah. “[Tanggal] 3 Desember itu sudah pelaksanaan Pilkada. Berarti, Januari – Februari 2021 bisa dilakukan penyusunan [laporan pertanggungjawaban], dan Maret [laporan itu] bisa diserahkan, ” katanya.

Loading...
;

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua mengingatkan para petahana yang akan maju di Pilkada serentak 2020, untuk segera merealisasikan anggaran hibah penyelenggaran Pilkada. “Jika semua terealisasi dengan baik, maka diharapkan seluruh proses Pilkada bisa terlaksana dengan baik,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Papua, Doren Wakerkwa.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni GĀ 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top