Follow our news chanel

Previous
Next

NU siapkan lumbung ketahanan pangan di Surabaya

Ilustrasi penutupan toko - Pexels.com.
NU siapkan lumbung ketahanan pangan di Surabaya 1 i Papua
Ilustrasi penutupan toko – Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Surabaya, Jubi – Pengurus Nahdlatul Ulama Surabaya menyiapkan lumbung ketahanan pangan di 31 kecamatan. Penyiapan tersebut dilakukan menjelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Gerakan ini memberdayakan potensi masyarakat, yakni dari warga, oleh warga, dan untuk warga. Jangan sampai ada warga yang tidak bisa berbuka dan sahur karena tidak ada makanan selama Ramadan,” kata Ketua Gugus Tugas Peduli Covid-19 Nahdlatul Ulama Surabaya Faisol Ramelan, Rabu (22/4/2020).

Sumber bahan pokok dalam program lumbung pangan tersebut berasal dari sumbangan warga dan usaha lain dari jajaran kepengurusan Nahdlatul Ulama (NU) Surabaya.  Mereka juga mendapat dukungan dari pemerintah setempat.

“Bantuan berupa uang tunai diwujudkan dalam bentuk vocer untuk berbelanja bahan pokok di warung di kampung-kampung. Ini supaya usaha-usaha kecil tetap eksis selama pemberlakuan PSBB,” ujar Faisol.

Adapun bantuan berupa bahan kebutuhan pokok akan diwujudkan dalam bentuk makanan siap saji yang dikelola oleh dapur umum. Dapur umum itu tersebar di pelbagai lokasi.

“Bahan pokok dititipkan kepada ibu-ibu Muslimat untuk dimasak di rumah masing-masing. Setelah itu, didistribusikan kepada para tetangga yang membutuhkan (warga terdampak PSBB),” lanjut Faisol.

Loading...
;

Selain itu,  sebagian bantuan bahan pokok disalurkan langsung kepada warga terdampak PSBB. Penyalurannya dirancang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam penanggulangan pandemi covid-19, di antaranya tanpa kerumunan warga.

Ketua NU Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri menambahkan program lumbung ketahanan pangan diluncurkan untuk mengantisipasi dampak sosial dan ekonomi dari PSBB. “Kami berharap lumbung ketahanan pangan bisa meringankan beban masyarakat Surabaya.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top