HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

ODHA di Papua didominasi usia produktif

ODHA di Papua didominasi usia produktif 1 i Papua
Rewalan KAP Papua pertemuan akbar relawan Komisi Penangulangan AIDS (KPA) di Panggung seni budaya Expo Waena Jayapura Papua, Minggu (03/2/2019) kemarin – Jubi/Agus Pabika

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

 

Jayapura, Jubi – Kordinator bidang program KAP Provinsi Papua dr. Anton Motte mengatakan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Papua saat ini didominasi usia produktif. Ini disampaikan dr. Anton Motte dalam kegiatan pertemuan akbar relawan Komisi Penangulangan AIDS  (KPA) di Panggung seni budaya Expo Waena Jayapura Papua, Minggu (03/2/2019) kemarin.

ODHA di Papua didominasi usia produktif 2 i Papua

Dikatakan dr. Anton, Papua masih menjadi salah satu provinsi dengan jumlah penyandang HIV/AIDS terbanyak di Indonesia. Hingga kini obat untuk penyakit ini belum juga ditemukan. Sejauh ini para penyandang HIV/AIDS hanya diberikan obat ARV (Antiretroviral) yang berfungsi melemahkan virus. Para penyandang HIV/AIDS harus mengkonsumsi obat ini setiap hari.

“Obat Antiretroviral (ARV) yang selama ini bapak-ibu kenal itu dia hanya sifatnya melemahkan virusnya bukan membunuh virusnya,” kata Motte.

Tingginya angka HIV/AIDS di Papua tak lepas dari sejumlah faktor. Salah satunya adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di Pusat Kesehatan atau Rumah Sakit.

Menurutnya, semakin cepat terdeteksi, penanganan pada HIV akan semakin mudah dilakukan. Selain itu, ia juga mengimbau warga Papua untuk menghindari aktifitas seks yang menyimpang, konsumsi miras dan penggunaan Narkoba.

Loading...
;

“Kami paramedis juga akan memberikan pembekalan kepada relawan-relawan tentang pemahaman materi, penguasaan, bagaimana cara berkomunikasi terhadap masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Samuel Tabuni selaku tokoh pemuda Papua mengatakan penting membidik generasi muda papua untuk memahami bahaya HIV/AIDS. Ia berharap semakin banyak kegiatan yang bisa mengakomodir para pemuda untuk semakin mengenali potensi dan bahaya HIV/AIDS bagi kesehatan.

“Saya sedang siapkan anak-anak Papua 43 orang disekolahkan di Rusia dan mereka harus sehat jasmani maupun Rohani, saya mohon dengan adanya tim relawan ini bisa masuk ke semua sekolah-sekolah yang ada di Papua ini karena usia produktif ada di sekolah-sekolah tinggkat SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi (kampus),” katanya. (*)

 

 

Reporter  : Agus Pabika

Editor       : Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa