Follow our news chanel

OJK resmikan Bank Wakaf Mikro pertama di Papua

Pengguntingan pita peresmian Bank Wakaf Mikro Honai Sejahtera Papua oleh Komisioner OJK RI, Wimboh Santoso di Kota Jayapura, Papua, Senin (29/4/2019). - Jubi/Sindung
OJK resmikan Bank Wakaf Mikro pertama di Papua 1 i Papua
Pengguntingan pita peresmian Bank Wakaf Mikro Honai Sejahtera Papua oleh Komisioner OJK RI, Wimboh Santoso di Kota Jayapura, Papua, Senin (29/4/2019). – Jubi/Sindung

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia meresmikan Bank Wakaf Mikro di Kota Jayapura, Papua Senin (29/4/2019). Bank Wakaf Mikro itu menjadi lembaga keuangan syariah mikro pertama di Papua, dan diharapkan meningkatkan akses masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Yaa Bunayya, Waena, Kota Jayapura.

Ketua Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Wimboh Santoso mengatakan Bank Wakaf Mikro (BWM) Honai Sejahtera Papua yang diresmikan Senin itu akan mampu menjangkau para pengusaha kecil yang selama ini tidak terlayani program keuangan pemerintah atau lembaga keuangan komersial. Menurutnya, hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 41 bank wakaf mikro.

Wimboh menargetkan BWM Honai Sejahtera Papua akan membantu permodalan sekitar 3000 nasabah. Wimboh berpesan agar OJK di Papua dan Papua Barat terus mengawasi dan mengembangkan BWM Honai Sejahtera Papua, dan menumbuhkan BWM berikutnya.

Siti Yulianti, pedagang jamu keliling yang menjadi salah satu calon nasabah BWM mengaku membutuhkan tambahan modal usaha hingga Rp 1-2 juta. Karena hanya memiliki omset/penghasilan kotor usaha sekitar Rp200-300 ribu per hari, ia berharap mendapatkan bantuan modal dari BWM. “Tentunya ini akan membantu saya kedepannya,” ujarnya.

Wiwik, salah satu penjual kue dan menyambi menjual gado-gado di Kota Jayapura mengaku kebanjiran pesanan kue menjelang Idul Fitri dari hari-hari besar agama di Papua. Akan tetapi, ia selalu kesulitan memenuhi lonjakan pesanan itu, karena kekurangan alat produksi. “Karena mixer yang saya miliki terlalu kecil, saya tidak bisa melayani pesanan dalam jumlah banyak. Pinjaman modal dari BWM ini sangat berarti untuk pengembangan usaha yang lebih bagus lagi kedepannya,” ujarnya.

Di sela-sela peresmian BWM Honai Sejahtera Papua, Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas mengungkapkan Grup Astra membantu menjadi donatur permodalan BWM Honai Sejahtera Papua. BWM Honai Sejahtera Papaa itu merupakan BWM keempat yang dibantu oleh Grup Astra. Sepanjang 2018 dan 2019, Grup Astra menargetkan untuk berdonasi dalam pendirian sepuluh BWM di seluruh Indonesia.

Loading...
;

“Mudah-mudahan komitmen Astra dan Astra Financial dalam mendukung BWM ini bisa terlaksana dengan baik untuk dapat berperan aktif dalam berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Pongki Pamungkas. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top