Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Operasi mayor di RSUD Jayapura sudah bisa dilakukan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Anggiat Situmorang mengatakan untuk operasi mayor sudah bisa dilakukan dan sudah dilaksanakan sejak Jumat (24/8/2018). Hal ini dikatakan saat pertemuan pihak RSUD Jayapura bersama Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Papua.

“Operasi mayor sudah dilakukan, dan tadi sudah dilakukan,” katanya.

Operasi mayor di RSUD Jayapura sudah bisa dilakukan 1 i Papua

Terkait obat-obatan dan alat kesehatan (Alkes) yang stoknya sempat kosong, Anggiat Situmorang mengaku bahwa untuk obat dan alkes juga sudah ada, dan kini RSUD Jayapura sudah berjalan normal dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

“Sebelumnya kan untuk pelayanan sedikit terganggu karena stok obat dan alkes habis, selain itu tindakan operasi hanya bisa dilakukan operasi minor, tapi saat ini sudah semuanya,” ujarnya.

Disinggung soal apa itu operasi minor maupun mayor, Anggiat Situmorang menjelaskan bahwa klasifikasi operasi terbagi manjadi dua, yaitu operasi minor dan operasi mayor. Operasi minor adalah operasi yang secara umum bersifat selektif, bertujuan untuk memperbaiki fungsi tubuh, mengangkat lesi pada kulit dan memperbaiki deformitas, contohnya pencabutan gigi, pengangkatan kutil, kuretase, operasi katarak, dan arthoskopi.

“Kalau operasi mayor itu operasi yang bersifat selektif, urgen dan emergensi. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menyelamatkan nyawa, mengangkat atau memperbaiki bagian tubuh, memperbaiki fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan, contohnya kolesistektomi, nefrektomi, kolostomi, histerektomi, mastektomi, amputasi dan operasi akibat trauma,” katanya.

Loading...
;

Dijelaskan bahwa, semua operasi bertujuan untuk tindakan pengobatan yang menggunakan cara invasif dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh yang akan ditangani. Pembukaan tubuh ini umumnya dilakukan dengan membuat sayatan. Setelah bagian yang akan ditangani ditampilkan dilakukan tindakan perbaikan yang akan diakhiri dengan penutupan dan penjahitan luka.

Terpisah Kepala ORI papua, Sabar Iwanggin  mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak RSUD Jayapura dengan berupaya melayani pasien yang membutuhkan pelayan operasi mayor.

“Ini penting untuk pelayanan kepada masyarakat. Namun terkait persoalan terbesar RS soal utang kepada pihak ketiga akan tetap kami minta laporannya,” kata Iwanggin kepada Jubi usai pertemuan dengan pihak RSUD Jayapura.

Dikatakan, persoalan utang RS tersebut jangan dianggap sepeleh karena persoalan tersebut akan terus terjadi apabila tidak ada kesadaran dari pihak RS untuk menyelesaikannya.

“Dari hasil diskusi kami dengan pihak RS ternyata utang ini sudah berlangsung sejak tahun 2013 hingga kini. Nah, ini yang harus kita kejar agar utang tersebut bisa diselesaikan sehingga ke depannya tidak lagi timbul kejadian seperti ini,” ujarnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top