Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Operasi Zebra, Polda Papua Barat targetkan tekan angka Lakalantas

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi – Operasi Zebra 2018 secara nasional mulai berlangsung di seluruh Polda di Indonesia. Operasi terpusat ini selain untuk cipta kondisi jelang Operasi Lilin Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, juga menyasar para pelanggar lalu lintas di Manokwari.

Direktur Lalu lintas Polda Papua Barat Kombes Pol Indra mengatakan, secara spesifik Polda Papua menargetkan ada penurunan angka lakalantas. Salah satunya dengan menyasar pengemudi mabuk, dibawah umur, pengendara motor yang membawa lebih dari satu penumpang, tak memakai helm SNI dan pengemudi yang menerobos lampu lalu lintas.

Operasi Zebra, Polda Papua Barat targetkan tekan angka Lakalantas 1 i Papua

“Sesuai arahan dari Kakorlantas Polri, bahwa dalam operasi Zebra 2018 ini untuk cipta kondisi jelang operasi lilin sambut natal dan tahun baru. Tapi kita di Papua Barat akan lebih fokus ke pengendara mabuk dan pengendara dibawah umur yang suka ugal-ugalan di jalan, karena itu yang paling tinggi angka kecelakaan dan berakibat fatal bukan saja bagi pengendara itu sendiri tapi juga menimpa pengendara lain," ujar Kombes Pol Indra kepada Jubi di Manokwari Selasa ( 30/10/2018).

Untuk operasi ini, jumlah personel yang dikerahkan di setiap titik berjumlah 20 sampai 25 personel gabungan, dengan melibatkan TNI dari Detasemen POM Kodam Kasuari,  Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Rata-rata 20 sampai 25 anggota disetiap titik operasi. Polanya, kita hunting system secara mobile pada jam-jam tertentu yang rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan dan juga akan di dipantau di beberapa titik. Kita sasar pengendara mabuk dan rossi-rossi kecil yang sering ugal-ugalan di jalan dan resahkan pengendara lain”, ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas bukan saja selama dua minggu selama pelaksanaan operasi ini, tapi seterusnya demi menjaga keselamatan bersama.

Loading...
;

Sementara dalam apel operasi Zebra Mansinam 2018, Kapolda Papua Barat Brigjen Rudolf A.Rodja mengatakan, untuk mengatasi permasalahan di bidang lalulintas, Polantas tidak bisa bertindak sendiri tapi semua pihak turut bertanggung jawab termasuk Pemerintah dalam membina dan memelihara keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Untuk mengatasinya, perlu dilakukan  berbagai upaya untuk menciptakan situasi itu dengan berdayakan seluruh stakeholder supaya dapat diambil langkah komprehensif dan menyelesaikan persoalan lalin dengan tuntas. Maka diperlukan koordinasi bersama instansi pemerintah yang bertanggungjawab sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas,” ujar Rodja saat membacakan sambutan tertulis Kakorlantas Polri. (*)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top