Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Orang tua diimbau dampingi anak belajar di rumah saat libur

Proses belajar mengajar di SDN 1 Hamadi. - Jubi/Ramah
Orang tua diimbau dampingi anak belajar di rumah saat libur 1 i Papua
Proses belajar mengajar di SDN 1 Hamadi. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menghentikan sementara proses belajar mengajar selama 14 hari atau dari 17 sampai 31 Maret 2020 untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Keputusan ini disampaikan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, pada Senin (16/3/2020) saat rapat koordinasi bersama stakeholder, Forkopimda, Pimpinan Umat Beragama, Pimpinan OPD, Kepala Puskesmas, dan Kepala Rumah Sakit terkait menyikapi masuknya pandemi Covid-19 di Kota Jayapura.
“Berdasarkan kalender pendidikan SD hari ini try out terakhir untuk kelas VI. Kelas 1 dan V juga sudah selesai ujian pengevaluasian tengah semester. Ujian SMP nanti April sehingga tidak masalah kalau anak sekolah diliburkan,” ujar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fahrudin Pasolo di Jayapura, Selasa (17/3/2020).
Menurut Fahrudin, dengan pengalihan sementara aktivitas belajar dari sekolah ke rumah, orang tua diharap mendampingi anak-anaknya belajar di rumah sehingga waktu libur menjadi bermanfaat.
“Ada belajar.kemdikbud.go.id adalah rumah belajar secara daring. Sudah ada tugas dan materi sehingga tidak mengurangi frekuensi anak belajar karena bisa diakses secara online. Sebetulnya SD ada laporan kerja siswa (LKS) untuk membantu orang tua dalam mendampingi anak libur sekolah,” ujar Fahrudin.
Selain itu, dikatakan Fahrudin, orang tua murid perlu menjalin komunikasi intensif dengan guru, terkait proses pembelajaran jarak jauh berbasis proyek atau bentuk lainnya.
“Kepala sekolah beserta guru harus memastikan pelayanan pembelajaran di rumah berjalan efektif dengan kerja sama antara guru dan orang tua,” ujar Fahrudin.
Fahrudin menambahkan, orang tua harus selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah dan kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta membiasakan cuci tangan dan menghindari keramaian.
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan keputusan menghentikan sementara aktivitas pendidikan karena masa inkubasi peredaran Covid-19 adalah selama 14 hari.
“Mereka tetap belajar di rumah didampingi orang tuanya. Sistem belajarnya diatur Dinas Pendidikan dan pengawas sekolah. Saya berharap orang tua selalu mendampingi anaknya baik dalam belajar dan menjaga kebersihan,” jelas Tomi Mano. (*)
Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top