Follow our news chanel

Previous
Next

Organisasi di Pasifik banyak yang resah akibat kebijakan Trump soal aborsi

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Auckland, Jubi – Organisasi advokasi hak-hak reproduksi yang selama ini mempromosikan aborsi aman terancam kehilangan bantuan dana dari Amerika Serikat. Hal itu terjadi menyusul dilarangnya aborsi oleh presiden AS Donald Trump. Selain itu, Trump juga menghentikan bantuan dana bagi organisasi-organisasi yang membela hak aborsi.

Kebijakan Trump itu diduga akan memicu peningkatan kasus kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi yang tidak aman dan kematian ibu di Pasifik. Berbagai organisasi yang mengadvokasi hak-hak reproduksi di Pasifik selama ini mendapat bantuan dana dari pemerintah AS dan organisasi-organisasi yang dibiayai pemerintah AS.

Penasihat kesehatan dan keluarga berencana Selandia Baru, Dr. Christine Roke mengatakan bahkan kebijakan Trump ini akan memicu peningkatan aborsi di seluruh dunia. “Karena ini artinya juga dana bantuan pengadaan kontrasepsi akan berkurang secara global. Maka kehamilan yang tidak diinginkan dan tingkat aborsi akan meningkat,” tuturnya.

Menurut Dr Roke, di banyak negara Pasifik, aborsi adalah tindakan ilegal dan ini telah mendorong para wanita untuk melakukan aborsi secara tidak aman dan bahkan menyebabkan kematian dirinya. Roke menegaskan bahwa para wanita di Pasifik akan makin kesulitan mendapat pasokan alat kontrasepsi.

Organisasi keluarga berencana Marie Stopes yang wilayah kerjanya di Pasifik mengaku bahwa mereka akan kehilangan bantuan senilai 30 juta dolar AS akibat kebijakan Trump tersebut.

Direktur Marie Stopes di Australia, Chris Turner mengatakan bahwa secara global, kebijakan itu akan memicu 6,5 juta kehamilan yang tidak diinginkan yang seharusnya bisa dicegah dengan alat kontrasepsi. Selain itu, kebijakan ini juga bisa memicu sekitar 2,1 juta aborsi yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan dilakukan secara tidak aman pada tahun 2020 dan 21.700 kematian ibu melahirkan. (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top