Follow our news chanel

Otonomi kampung dilaksanakan masyarakat adat

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Lima tahun sudah kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura sejak dicanangkan pada 24 Oktober 2013.

Sekretaris Jenderal Aliansi Masyrakat Adat Nusantara (Sekjend AMAN), Rukka Sombolinggi, mengatakan pelaksanaan sistem pemerintahan masyarakat adat di kampung sangat berkembang. Tentunya hal ini digerakan oleh sistem yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah daerah berdasarkan visi dan misi pemerintah daerah.

Selain itu, kata Rukka, dari berbagai strategi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura seperti dikeluarkannya regulasi Peraturan Daerah tentang Kampung Adat, Peraturan Bupati, dan juga pastinya sejalan dengan UU No 6 tentang Desa.

“Penguatan pelayanan secara desentrilisasi dari distrik ke kampung-kampung sangat dominan. Sehingga dapat diperhatikan adanya otonom kampung dan masyarakat adat sedang dilaksanakan dan kami berharap Kabupaten Jayapura menjadi contoh untuk masyarakat adat di seluruh Nusantara,” jelas Sombolinggi, saat ditemui dalam jumpa pers bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura dan masyarakat adat di Sentani, Selasa (23/10/2018).

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan selama lima tahun kebangkitan masyarakat adat, semua pihak harus saling berpacu dalam pembangunan yang terus berjalan dan mengalami perubahan.

Dikatakan, untuk mengangkat kembali jati diri masyarakat adat memang sesuatu yang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras serta waktu yang tidak sedikit. Karena semua dalam proses yang terus berjalan, upaya pembangunan juga terus berjalan. Baik dari pemerintah provinsi, pusat dengan berbagai sumber pendanaan yang tidak sedikit.

Loading...
;

“Kalau masyarakat adat tidak siap dalam waktu yang bersamaan ini, ada dua tekanan yang luar biasa, belum lagi kebijakan sektoral seperti perhutanan sosial, reformasi agraria, kawasan pedesaan yang harus berjalan saat ini dan butuh kesiapan yang matang,” ungkapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top