Pace Rambut Putih, mantan petinju nasional dan Papua, tutup usia

papua-carol-renwarin
Carol Renwarin (kanan) pegang handphone bersama Olaf Monim, memandu rapat bidang I PB PON Papua di Hotel Horizon Jayapura - Jubi/Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kabar duka menyelimuti dunia olahraga Indonesia dan Papua secara khusus. Sabtu (24/10/2020) pagi, tersiar kabar, Carol Renwarin atau biasa akrab dipanggil Pace Rambut Putih, pergi menghadap Sang Pencipta.

Kabar wafatnya mantan petinju Indonesia dan Papua itu tersebar lewat grup WhatsApp PB PON Papua dan panitia peresmian Stadion Lukas Enembe dan venue PON yang baru saja terselenggara, 5 jam lalu.

Carol Renwarin di mata para atlet Papua tidak hanya sebagai sosok seorang mantan atlet yang menjadi panutan tetapi juga orang tua yang setia setiap saat membagi ilmu dan nasihat.

Carol Renwarin pernah berguru ilmu tinju ke Kuba. Almarhum merupakan petinju lulusan terbaik yang mengantongi sertifikat Association Internationale de Boxe Amateur (AIBA) atau Asosiasi Tinju Amatir Internasional.

Renwarin juga aktif sebagai pengurus Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Arena, pengurus KONI dan Pengprov Pertina Papua, hingga Pertina Pusat.

Baca juga: Peresmian Venue PON XX berjalan sukses walau pihak keamanan kerepotan

Semasa hidup Carol Renwarin bersama sejumlah legenda petinju seperti Benny Maniani, Sepi Karubaba, Marthen Sada, Lodewijk Akwan, dan Valen Hurulean mencatat masa keemasan tinju Papua, saat itu Irian Jaya, era tahun 1970 hingga 1980-an.

Loading...
;

“Sayang Bapa Carol, semangat dan selalu hadir memenuhi undangan rapat. Semangatmu menjadi contoh buat generasi ini. Selamat jalan ke rumah Bapa di Surga, semoga Tuhan memberi penghiburan dan kekuatan buat keluarga yang ditinggalkan,” tulis Yusuf Wona, rekan panitia peresmian venue PON Papua.

“Jean bilang teman-teman wartawan, nanti bisa ikut rombongan untuk meliput kami (bidang arena PB PON) bersama  panitia pelaksana cabang olahraga melakukan assessment meninjau venue-venue PON. Nanti di Jayapura setelah itu ke Merauke dan Timika,” percakapan Carol Renwarin terakhir kepada saya (jurnalis Jubi) pada rapat koordinasi Bidang I dengan bidang-bidang pendukung PON XX yang berlangsung di Hotel Horizon Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (7/10/2020). (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top