Follow our news chanel

PAD BPPRD Nabire tahun 2018 lampaui target

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Nabire, Jubi – Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Nabire, Ganis Komarianto, mengatakan target Pandapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2018, khusus yang dikelola pihaknya melampau target.

“Untuk BPPRD sendiri melampaui target. Kami menargetkan Rp 13 miliar, khususnya untuk pajak, malah dapatnya lebih yaitu Rp 16 miliar, yang diperoleh dari pajak dan retribusi daerah,” ujar Komarianto, di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019).

Sementara, kata Ganis, bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Perdagangan, Pariwisata, PU, Kesehatan, dan Kominfo sebagai OPD penghasil PAD, tidak jelas setorannya.

“Kecuali RSUD karena laporannya langsung ke keuangan dan dananya dikelola sendiri. Dinas Lingkungan Hidup setorannya bagus tapi juga langsung ke keuangan dan kami hanya menerima laporan,” tuturnya.

Ganis Komarianto menjelaskan secara keseluruhan, tahun 2018, Pemkab Nabire memiliki target PAD Rp 47 miliar. Namun yang didapat hanya Rp 43 miliar. Ada sekitar Rp 3 miliar yang kendalanya ada transfer dari pusat atau provinsi yang tidak sesuai target.

“Yang tidak tercapai target ini misalkan provinsi targetkan Rp 3 miliar untuk pembagian dana bagi hasil, seperti kendaraan dan BBM, ternyata yang masuk ke kita hanya Rp 2,5 miliar. Begitupun yang lainnya,” jelasnya.

Loading...
;

Menurut Komarianto, tahun 2019 ini, PAD Pemkab Nabire ditargetkan Rp 44 miliar. Pertimbangannya, kondisi sebelumnya dengan target Rp 47 miliar, ternyata tidak tercapai.

“Saya berharap sekaligus mengimbau kepada para wajib pajak untuk kesadarannya dalam membayar kewajibannya, membayar tepat waktu, sebab kalau lambat akan kena denda, termasuk yang tahun lalu yang belum terbayar akan dikenakan denda dua persen,” tegasnya.

Sekretaris BPPRD, Fatmawati, mengatakan pihaknya mengalami problem khususnya untuk retribusi galian C, mengingat kalau proyek dari pusat dan provinsi, kontraktor tidak dominisi di Nabire.

“Jangankan kontrktor luar, di dalam sini saja susah bayar galian C,” tambahnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top