Follow our news chanel

Pakai motor cross, LAG tes jalan trans Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wamena, Jubi – klub motor Lahir Besar Wamena (Labewa) Adventure Group (LAG), Sabtu (9/6/2018) pagi bertolak dari Wamena menuju Jayapura, kali ini mereka menjajal jalan trans Papua yang dibangun pemerintah dengan menggunakan sepeda motor cross.

Rute yang akan dilewati itu dimulai dari depan kantor Bupati Jayawijaya (Wamena), Elelim (ibu kota kabupaten Yalimo), Benawa (Yalimo), Meteor, Senggi, Arso dan Jayapura.

Sekretaris daerah Jayawijaya, Yohanes Walilo yang melepas klub motor tersebut mengatakan, Labewa ingin memastikan perkembangan jalan trans Papua yang sedang dikerjakan.

“Ketika kembali mereka akan melaporkan hasilnya, dan ini juga bisa menjadi masukan bagi pemerintah pusat maupun provinsi dan kabupaten yang ada di pegunungan ini, supaya kita dapat mempercepat pembangunan supaya jalan terbuka bisa digunakan untuk masyarakat,” kata Sekda.

Dari Wamena menuju Jayapura , jalan trans Papua yang telah berhasil dibuka tercatat sepanjang 165 KM. Masih ada sekitar 8 KM lagi jalur yang belum terbuka.

“Kami pemerintah tidak memberikan apa-apa dimana itu inisiatif mereka, kami hanya mendorong kegiatan ini.Harapan kami ke depan bisa merasakan juga. Akses jalan utama nanti untuk perekonomian di pegunungan, selain jalan yang dibangun di bagian selatan yang telah menjadi program pemerintah dan jalan nasional,” ujar Sekda.

Loading...
;

Seorang peserta tur Wamena-Jayapura, Antho Siregar mengakui persiapan yang dilakukan hanya menyangkut hal -hal keselamatan berkendara, juga perbekalan yang cukup.

“Kurang tahu berapa lama perjalanan, kemungkinan minggu malam atau Senin pagi kalau tembus sampai di Jayapura,” katanya.

Pemerintah Indonesia pasang target,  jalan Trans Papua dapat terkoneksi seluruhnya pada tahun 2019 mendatang. Jalan darat ini diklaim akan menyambungkan Sorong di Papua Barat sampai ke  Merauke sepanjang 4.329,55 km tanpa putus.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari  detikFinance , Jalan Trans Papua tercatat mulai dibangun sejak era presiden RI ketiga, BJ Habibie, dan mulai massif dilanjutkan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi), sejak 2014 silam.(*)
(*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top