HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Palapa Ring Timur uji coba tanpa fungsikan provider di Wamena

Menara Palapa Ring Timur yang dibangun di Jalan Bhayangkara Wamena. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Meski belum difungsikan dengan provider, proyek Palapa Ring khusus untuk menara Base Transceiver Station (BTS) yang telah berdiri di Jalan Bhayangkara Wamena, mulai diujicobakan, Jumat (6/3/2020).

Koordinator pengerjaan Palapa Ring Timur, Novri, yang hadir saat uji coba mengatakan pembangun proyek ini telah selesai, tinggal menunggu provider yang masuk antara pihak kedua dan ketiga.

“Di Jayawijaya kita punya tiga menara seperti di Wamena, Maima sebagai menara pemancar, BTS di Itlay Hisage dan Kurulu sebagai repeater atau penyambung antara kota layanan yang ada di Pegunungan tengah Papua,” kata Novri.

Lanjutnya, kapasitas yang disediakan sebesar 1 GB untuk Wamena dan sekitarnya, sedangkan untuk seluruh wilayah di Pegunungan Tengah, telah dibangun 27 BTS beserta repeater.

Staf ahli Bupati Jayawijaya, Paulus Sarira, mengatakan setelah dinyatakan selesai, proyek palapa ring tersebut diharapkan melayani pemerintahan dan publik.

“Hampir semua sistem pelaporan di pemerintah itu sudah menggunakan sistem online, kita berharap ada kemudahan ke depan untuk mengakses internet lewat Palapa Ring Timur ini,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya, Isak Sawaki, mengaku untuk layanan publik masih menunggu provider. “Namun khusus untuk pelayanan bagi pemerintah daerah tidak ada masalah.”

Sawaki menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan internet, pemerintah daerah telah menyurat ke Kementerian Kominfo dengan tembusan ke Telkomsel, agar menyediakan 3 MB khusus untuk di Wamena, karena daerah ini sebagai wilayah transit dari kabupaten pemekaran.

“Kami masih menunggu surat bupati yang disampaikan itu, karena keluhan masalah internet bukan hanya dari pemda tetapi juga dari masyarakat, sehingga Palapa Ring ini menjadi satu-satunya harapan,” katanya. (*)

Baca juga  Petani Marga Mulya buka areal persawahan 1.115 hektar

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa