Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Palau ingatkan giliran Mikronesia jadi Sekjen PIF

Presiden Palau, Tommy Remengesau Jr., saat pertemuan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) yang ke-45 pada 2014 di Palau. - AFP / Richard W. Brooks

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Koror, Jubi – Presiden Palau, Tommy Remengesau Jr., mengatakan sesuai dengan kesepakatan tidak tertulis, tahun ini adalah giliran Mikronesia untuk menjadi Sekretaris Jenderal Forum Kepulauan Pasifik (PIF) yang berikutnya.

Presiden Remengesau menegaskan bahwa Mikronesia akan memperjuangkan calon mereka.

Palau ingatkan giliran Mikronesia jadi Sekjen PIF 1 i Papua

“Pasifik Utara berhak memiliki perwakilan kepemimpinan kita di PIF, dan kita, bersama dengan saudara-saudari kita di Mikronesia, bersatu dalam keputusan kita untuk mendorong isu ini,” kata Remengesau dalam sebuah pernyataan.

Pada 2019, lima presiden dari wilayah Mikronesia telah mendukung Duta Besar Kepulauan Marshall di Amerika Serikat, Gerald Zackios, untuk memegang jabatan Sekjen PIF.

Pemimpin-pemimpin Kepulauan Marshall, Palau, Nauru, Kiribati, dan Federasi Mikronesia telah mengajukan Gerald Zackios sebagai calon Sekjen yang berikutnya dari Mikronesia kepada jajaran pemimpin PIF saat ini.

Tahun lalu, kelima pemimpin juga menegaskan “pandangan regional bahwa giliran sub-wilayah Mikronesia untuk mengajukan seorang kandidat agar menjadi Sekretaris Jenderal berikutnya sudah tiba.”

Loading...
;

Sekarang, Presiden Remengesau kembali mengingatkan pemimpin-pemimpin Pasifik akan kesepakatan itu.

Remengesau mengatakan bahwa menurut pandangan Mikronesia, posisi Sekretaris Jenderal PIF itu harus bergilir-gilir ke semua negara anggota.

Ia juga tidak setuju menyaksikan sejumlah calon Sekjen berikutnya datang dari luar Mikronesia.

“Berdasarkan kesepakatan ini, sekarang giliran Mikronesia untuk mencalonkan Sekjen PIF. Dengan begitu banyak calon Sekretaris Jenderal diajukan dari luar Mikronesia, Sekretariat PIF mungkin perlu mengklarifikasikan status persetujuan itu sekarang,” katanya.

Remengesau lalu menambahkan bahwa ia percaya ini akan “melambangkan inklusivitas PIF. Seorang Sekjen dari Mikronesia akan menunjukkan bahwa wilayah Mikronesia itu penting bagi PIF. Melompati giliran kita, sayangnya, akan mengirimkan pesan yang berlawanan dengan itu.”

Dia juga mengimbau pemimpin-pemimpin Pasifik tentang ‘aktor-aktor eksternal’ yang memengaruhi proses pencalonan Sekjen PIF. Namun, ketika Remengesau ditanyai tentang aktor-aktor ini, dia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Sekjen Dame Meg Taylor akan mengakhiri masa jabatan tiga-tahunannya yang keduanya tahun ini.

Jabatan ini tidak pernah dipegang oleh perwakilan dari Mikronesia. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top