Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pandemi Covid-19, perayaan Hari Pramuka disederhanakan

Papua
Karang Pamitran daring di Kwarcab Nabire, Selasa (11/8/2020) - Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nabire menggelar Karang Pamitran secara daring. Pertemuan para pembina Pramuka tersebut dipusatkan di beberapa lokasi di Nabire.

“Karang Pamitran itu ibarat terumbu karang yang berkumpul dan berkawan. Kegiatannya berupa diskusi (mengenai) kendala-kendala di lapangan dan (sumbang) saran serta masukan dari para pembina Pramuka,” kata Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Nabire, Sefnat Karubuy, seusai Karang Pamitran, Selasa (11/8/2020).

Para peserta mengikuti Karang Pamitran dari empat lokasi di Nabire. Lokasi tersebut ialah SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5 Nabire, Distrik Wanggar, serta Kelurahan Morgo.

Pandemi Covid-19, perayaan Hari Pramuka disederhanakan 1 i Papua

“Pesertanya sebanyak 32 pembina dari berbagai gugus depan. Ada pula yang mengikuti (Karang Pamitran) dari Jayapura dan Jakarta lantaran belum bisa pulang kembali ke Nabire,” lanjut Karubuy.

Karang Pamitran digelar untuk merayakan Hari Pramuka, yang diperingati setiap 14 Agustus. Kegiatan lain yang digelar Kwarcab Nabire ialah upacara bendera, dan donor darah.

“Upacara dan donor darah berlangsung pada Jumat ini, sekaligus penyerahan penghargaan Bintang Pancawarna kepada 18 pembina pramuka di Nabire. Karena pandemi Covid-19, Kwarcab Nabire hanya menggelar beberapa kegiatan (untuk memperingati Hari Pramuka),” jelas Karubuy.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Nabire Aji Agung Riyanto mengaku Karang Pamitran membantu mereka dalam mengembangkan kapasitas. Banyak informasi penting disampaikan Ketua Pusat pendidikan dan Latihan Kwartir Daerah Pramuka Papua Idris Khan yang menjadi narasumber pada diskusi tersebut.

Loading...
;

“Materinya terutama tentang pelantikan dan struktur gugus depan, surat keputusan pembina gugus depan, syarat-syarat pelantikan pramuka garuda, dan nomor tanda anggota. Kami akan terapkan itu di seluruh gugus depan di Nabire,” kata Aji.

Kesan serupa dirasakan Alfa Samber, peserta Karang Pamitran. “Materinya menarik dan membuka wawasan saya (mengenai kepramukaan). Saya harap kegiatan ini dilakukan setiap tahun.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top