Follow our news chanel

Pangdam dan Kapolda Papua jamin keamanan PON XX Papua

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. - Jubi/Alex
Pangdam dan Kapolda Papua jamin keamanan PON XX Papua 1 i Papua
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kodam XVII/Cenderawasih telah siap mendukung Kepolisian Daerah Papua menjaga keamaanan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020. Hal itu dinyatakan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab di Jayapura, Kamis (13/2/2020).

Mayjen TNI Herman Asaribab menyatakan jaminan keamanan Papua pada saat penyelenggaran PON XX Papua 2020 pada Oktober mendatang menjadi perhatian khusus TNI AD. Dalam rapat pimpinan Kementerian Pertahanan beberapa waktu lalu, Kepala Staf TNI AD menekankan fasilitas TNI akan digunakan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PON XX Papua, serta membantu pemerintah daerah maupun Polda Papua.

“Apa yang dilaksanakan kepolisian dalam melaksanakan pengamanan-mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, sampai pasca pelaksanaan PON-kami siap untuk mendukung,” kata Asaribab.

Asaribab mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Papua untuk membantu TNI dan Polri mengamankan PON XX Papua. “Semua pihak harus menunjukkan bahwa Papua mampu melaksanakan PON, sehingga hasil-hasil dari PON juga bisa berbicara di [tingkat] SEA Games [hingga] Olimpiade,” kata Asaribab.

Kepala Polda Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan saat ini pihaknya telah menyiapkan 5 ribu personil. Menurutnya, jumlah itu sudah termasuk personil Bawah Kendali Operasi dari berbagai Polda lain.

“Perencanaan pengamanan sudah dilakukan, mulai dari [pengamanan pada saat] kedatangan [kontingen],  [saat] pelaksanaan [PON], serta pasca pelaksanaan. PON ini menjadi perhatian kami kita bersama,” katanya.

Loading...
;

Waterpauw menyatakan sinergi antara aparat keamanan, pemerintah daerah, dan Panita Besar PON XX Papua sudah berlangsung sejak awal. Ia menyatakan Polri sudah terlibat sejak dalam tahapan pembangunan arena PON XX Papua, dan sejumlah tahapan persiapan lainnya.

Ia menyatakan Kapolri juga menantau perencanaan pengamanan PON XX Papua. Ketika Polda Papua masih merancang konsep pengamanan PON, Kapolri justru sudah memerintahkan beberapa pejabat Mabes Polri datang dan meninjau perencanaan pengamanan yang dirancang Polda Papua itu.

Waterpauw menyatakan perencanaan pengamanan PON telah dinilai dari bebagai aspek pengamanan, termasuk kelancaran lalu lintas kontingen PON XX Papua. “Intinya, PON di Papua pasti aman,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top