Pansus Dana Desa Jadi Agenda Pertama Maus Asso, Wakil Ketua I DPRD Yahukimo

Pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua I DPRD Yahukimo Maus Asso, Selasa, 2 Agustus 2016 - Jubi/Yuliana Lantipo
Pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua I DPRD Yahukimo Maus Asso, Selasa, 2 Agustus 2016 – Jubi/Yuliana Lantipo

Jayapura, Jubi – Hambatan pembangunan masyarakat dan daerah kabupaten Yahukimo akhirnya berkurang satu dengan dilantiknya Maus Asso menjadi Wakil Ketua I di lembaga wakil rakyat daerah tersebut pada Selasa (2/8/2016). Meski anggota legislatifnya telah dilantik sejak 8 April 2015, DPRD Yahukimo telah berjalan timpang tanpa dinakodahi unsur pimpinannya.

“Sudah satu tahun lebih ini, sejak kita dilantik sampai sekarang, tidak ada unsur pimpinan. Jadi, di DPRD tidak jalan, (tidak) kerja. Kita hanya tetap terima gaji. Jadi, hari ini, saya senang karena sudah ada Pak Maus Asso, yang bisa memimpin dan kita bisa jalankan kerja-kerja di daerah nanti,” ucap Hanis Kambuy, anggota DPRD Yahukimo saat ditemui Jubi, usai pelantikan Wakil Ketua I Maus Asso di Hotel Aston, Jayapura, Selasa.

Maus Asso yang juga menjabat Ketua DPC PAN Yahukimo itu dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Wamena Benyamin Nuboba, SH, berdasarkan SK Gubernur Papua. Sementara, dua unsur pimpinan lainnya: Ketua dan Wakil Ketua II diharapkan bisa segera dilantik dalam bulan ini.

Bupati Yahukimo Abock Busup berharap agar kedua unsur pimpinan itu bisa segera terwujud dalam bulan ini. Sehingga, program-program pemerintah untuk pembangunan daerah yang memiliki 517 kampung dari 7 distrik itu segera dapat diwujudkan.

“Saya harap, dalam bulan Agustus ini, semua tuntas supaya kita bersama-sama bisa fokus untuk pekerjaan di daerah. Kalau lama-lama, ulur lagi, nanti juga menghambat, dan rakyat yang kembali rugi,” kata Bupati Abock, yang telah dilantik bersama wakilnya, Yulianus Hiluka pada pertengahan April lalu.

Bupati Abock Busup - Jubi/Yuliana Lantipo
Bupati Abock Busup – Jubi/Yuliana Lantipo

Bupati Abock juga mengharapkan tiga fungsi legislatif dapat benar-benar diterpakan dan meminta kerjasama semua pihak untuk satu tujuan, membangun daerah tersebut. Hal tersebut dengan menerapkan tiga tugas pokok legislatif yakni legislasi, penganggaran dan pengawasan.

“Untuk tugas legislasi; kami harap peraturan-peraturan daerah yang pemerintah ajukan bisa segera dibahas dan disahkan, supaya bisa jadi perda dan dijalankan. Kedua, fungsi penganggaran, segera bahas APBD kita, perubahan dan APBD Induk. Dan, ketiga jalankan fungsi pengawasan untuk yang sudah dianggarkan dan peraturan-peraturan daerah itu. Bagaimana program pemerintah berjalan, bagaimana dengan anggaran apakah sudah terserap atau tidak, itu semua kembali ke DPRD,” ujar Ketua DPW PAN Papua itu.

Loading...
;

 

Bentuk Pansus Dana Kampung

Wakil Ketua I DPRD Yahukimo Maus Asso mengatakan hal pertama yang akan dikerjakan sekembalinya ke Dekai, ibukota Yahukimo, adalah merapatkan seluruh anggotanya dan membentuk Panitia Khusus (Pansus) penyaluran dana kampung. “Pertama, bentuk pansus dana kampung. Karena, pembagian uang ke kampung-kampung itu nanti kita akan turun mengawal dan mendampingi bupati,” kata Maus.

Sebelumnya, bupati mengatakan telah merencanakan akan menyalurkan dana kampung tahap pertama sebesar Rp185 milyar. “Berikutnya, kita akan fokkus pada APBD perubahan kalau belum ada SK untuk dua pimpinan lain, tapi kalau sudah ada kita akan bahas APBD Induk,” jelas Maus. (*)

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top