Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pansus Papua DPD RI minta peringatan 1 Desember direspon dengan dialog

Pansus Papua bentukan DPD RI bertemu Menkopolhukam, Mafhud MD, di Jakarta.- Dok. pribadi Filep Wamafma

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Panitia Khusus Papua Dewan Perwakilan Daerah RI meminta pemerintah mengedepankan pendekatan dialog dalam menyikapi peringatan hari kemerdekaan Papua pada 1 Desember mendatang. Selain itu, pemerintah juga diminta segera membebaskan para mahasiswa yang ditahan karena terlibat unjukrasa menolak rasisme.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Khusus Papua Dewan Perwakilan Daerah atau Pansus Papua DPD RI, Filep Wamafma melalui siaran persnya di Jakarta, Senin (25/11/2019). Wamafma menyatakan saran itu telah disampaikannya kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dalam pertemuan pada Senin.

“Menyikapi adanya informasi peringatan 1 Desember 2019, kami mohon penjelasan [atas informasi itu]. Kami [juga] menyarankan agar persoalan itu disikapi dengan pendekatan dialogis,” ujar Wamafma dalam siaran persnya kepada Jubi.

Pansus Papua juga meminta sikap Menkopolhukam untuk bebaskan para mahasiswa Papua  yang menjalani penahanan dan/atau pemeriksaan di pengadilan.  “Kami minta tindakan pembebasan bagi mahasiswa Papua yang saat ini telah menjalani tuntutan dan penahanan sehingga para mahasiswa/i tersebut dapat melanjutkan pendidikan,” ujar Wamafma.

Sebelumnya, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Manokwari, Abdi Resa, mengatakan pihaknya telah menerima berkas perkara tiga mahasiswa yang menjalani proses hukum pasca aksi tolak rasisme di Manokwari. Berkas perkara itu telah dinyatakan lengkap atau P-21 pada pekan lalu.

“Berkas tiga mahasiswa berinisial EA, PM dan YA. Sudah kami terima (P-21),” ujar Reza kepada Jubi melalui pesan singkatnya. (*).

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top