Follow our news chanel

Pansus PON dan Peparnas DPR Papua gelar rapat kerja

DPR Papua
Suasana Rapat Kerja Tim Pansus PON DPR Papua. -Jubi/Husain

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Panitia Khusus Pekan Olahraga Nasional atau PON dan Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas Dewan Perwakilan Rakyat Papua menggelar rapat kerja di Kota Jayapura, Papua, Rabu (18/11/2020). Rapat kerja itu digelar untuk mengecek persiapan penyelenggaraan PON XX Papua dan Peparnas XVI di Papua pada tahun depan.

Rapat kerja Panitia Khusus (Pansus) PON dan Pepernas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua itu berlangsung sejak Selasa (17/11/2020). Ketua Pansus PON dan Pepernas DPR Papua, Jack Kamasan Komboy mengatakan pihaknya melakukan pertemuan bersama pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua.

Dalam pertemuan itu, Pansus DPR Papua mengecek kesiapan penyelenggaraan, infrastruktur, fasilitas pendukung, atlet, hingga anggaran. Komboy menyatakan pihaknya ingin memastikan kesiapan Papua menjadi tuan rumah dua hajatan akbar yang akan berlangsung 336 hari lagi itu.

Baca juga: Gaungkan PON XX, PB PON jalin kerjasama dengan Bank Papua

“Selama dua hari ini, kami mengundang pihak terkait dalam rangka persiapan PON dan Peparnas 2021. Kan kita tahu, setelah PON [selesai], 14 hari berikutnya akan digelar Peparnas. Kita gelar rapat kerja ini untuk kita mengetahui sejauh mana persiapan yang sudah disiapkan menuju dua even tersebut,” ujar Komboy kepada wartawan olahraga di Kota Jayapura, Rabu.

Legenda klub sepak bola Persipura Jayapura itu mengatakan pihaknya turut mengawasi dan memantau persiapan penyelenggaraan PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua. Menurutnya, Pansus PON dan Peparnas DPR Papua juga akan meninjau sejumlah arena PON dan Peparnas.

“Kami akan turun ke lapangan untuk melihat dan mengecek kesiapan venue yang sudah dibangun, dan juga fasilitas pendukung dan penataan kawasan. Kami sudah mengundang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Dinas Olahraga dan Pemuda Papua. Kami sudah mendapatkan data pendukung, untuk kemudian kami mengecek ke lapangan,” bebernya.

Loading...
;

Baca juga: Sejumlah Venue PON XX Papua akan sekelas Olimpiade

Menurut Komboy, dalam rapat kerja itu pihaknya mendapati beberapa keluhan masyarakat adat terkait ganti rugi hak ulayat yang belum tuntas. Ia berharap permasalahan tersebut bisa segera diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Papua.

“Kami berharap ini bisa segera diselesaikan. Pembangunan beberapa venue itu sudah selesai, tinggal fasilitas pendukung seperti air, listrik, dan penataan kawasan. Sehingga ada jadwal yang ditetapkan menyangkut dana-dana yang dibantu oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. Kita tahu bahwa pembangunan venue itu tidak hanya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Papua, tapi juga APBN. Jadi tugas Pemerintah Provinsi Papua menyelesaikan hal itu,” tekannya.

Menurut Komboy, Pansus PON dan Pepernas DPR Papua akan menggelar pertemuan dengan Panitia Besar (PB) PON XX Papua dan PB Peparnas XVI Papua. Pansus juga ingin menggelar pertemuan dengan Komite Nasional Olahraga Indonesia dan Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPC).

Baca juga: Bidang Kesehatan PB PON dan PB Peparnas Papua lakukan pemetaan tugas

“Pansus ini kan dibentuk untuk melihat secara langsung kinerja PB PON, PB Peparnas, KONI dan NPC dalam menyiapkan diri menjelang dua event tersebut. Kami agendakan pertemuan dengan PB PON dan KONI pada hari Senin [pekan] depan,” tandasnya.

Ketua NPC Papua, Jayakusuma mengapresiasi rapat kerja yang digelar Pansus PON dan Pepernas DPR Papua. Ia menyatakan pihaknya bisa menyampaikan sejumlah hambatan yang dialami kepada Pansus PON dan Pepernas DPR Papua.

“Kami sampaikan beberapa program kita dan atlet kita, venue cabang olahraga, dan akomodasi atlet. Semoga pertemuan itu membawa dampak baik terhadap NPC, dan juga atlet Peparnas XVI 2021, supaya atlet [paralimpiade Papua] bisa berprestasi lebih baik lagi,” ujarnya.(CR4)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top