Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pansus PTFI dianggap tak efektif, Ketua DPRP: Setidaknya kami berupaya

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Komisi I DPR Papua bidang politik, hukum, HAM dan pemerintahan, Tan Wie Long pesimis Panitia Khusus (Pansus) yang akan dibentuk DPR Papua mendata semua masalah atau dampak dari keberadaan PT Freeport Indonesia (PTFI) akan efektif. 

"Jujur saya bilang, kalau bicara pansus PT Freeport itu mubazir. Tidak efektif," kata Tan kepada Jubi pekan lalu.

Pansus PTFI dianggap tak efektif, Ketua DPRP: Setidaknya kami berupaya 1 i Papua

Ia mengatakan, memperjuangkan hak-hak orang asli Papua, terutama pemilik ulayat tidaklah salah, namun harus melibatkan semua pihak di antaranya, pemilik ulayat atau masyarakat adat, DPR Papua, Majelis Rakyat Papua (MRP), dan Pemprov Papua.

Hasil kesepakatan semua pihak itu disampaikan kepada pemerintah pusat, karena pemprov dan pemkab sama sekali tak punya kewenangan terkait kebijakan terhadap PT Freeport Indonesia.

"Pemprov, DPR Papua, MRP, masyarakat adat, dan pemilik ulayat menurutnya, harus duduk bersama merumuskan semua hal terkait hak orang asli Papua, kemudian disampaikan ke presiden," ucapnya.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, meski ada pihak yang pesimis Pansus tak akan efektif, namun setidaknya ada upaya dari pihak parlemen Papua memperjuangkan aspirasi orang asli Papua (masyarakat adat) yang selama ini merasa mendapat ketidakadilan dari Freeport.

Loading...
;

"Setidaknya, harus berusaha dan mulai bekerja. Sesuatu yang baru itu pasti berat. Tapi kami harus kerjakan ini, agar orang asli Papua dan pemilik ulayat tak terus menjadi korban," kata Wonda.

DPR Papua menurutnya, komitmen memaksimalkan sisa waktu yang ada. Kalau pun tak maksimal, anggota DPR Papua periode berikut yang akan melanjutkan perjuangan yang sudah dimulai itu.

"Paling tidak kami sudah membuka jalan," ucapnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top