HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Panwasrah harap PON XX tidak terganggu wabah Corona

Stadion Papua Bangkit (SPABA) akan menjadi venue utama dan tempat pembukaan PON XX Papua 2020 mendatang. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi โ€“ Pandemi virus Corona yang telah sampai ke Indonesia memunculkan beragam reaksi. Provinsi Papua yang mulai memperketat pengawasan di berbagai bandara, pelabuhan serta jalur pintu masuk ke Bumi Cenderawasih.

Meskipun demikian, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020 Suwarno berharap pandemi virus Corona bisa cepat berlalu dan tidak mengganggu penyelenggaraan PON XX Papua. Hal itu disampaikan Suwarno di Jayapura, Jumat (13/3/2020)

“Saya harap virus ini cepat berlalu di Indonesia. Namun kami akan ikuti kebijakan pemerintah nantinya seperti apa. Kita ikuti perkembangan penyebaran virus itu,” katanya.

Saat ditanya soal agenda kompetisi uji coba sebelum penyelenggaraan PON XX Papua 2020, Suwarno jelaskan semua akan dilakukan ketika arena dan peralatan pertandingan sudah siap.

“Kami harap [persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2020 tidak terganggu. Apalagi [sebagian besar] peralatan akan tiba Juli, kecuali cabor dayung, selam, layar serta renang laut terbuka yang akan tiba September dan Agustus. Per 17 Maret 2020 itu akan ada kontrak penunjukkan langsung dan sebagainya, sehingga tidak terkendala oleh sistem,” ujarnya.

Sebelumnya, KONI Provinsi Papua memutuskan menunda program pemusatan latihan atletnya ke luar negeri, demi mencegah para atlet maupun ofisial Papua tertular wabah corona. Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya mengatakan mencegah infeksi Corona penting, sebab siapa pun bisa terjangkit virus corona.

Loading...
;

โ€œPemusatan latihan ke luar negeri untuk sementara kita tunda, baik untuk permainan, bela diri, akurasi dan semua cabang olahraga. Kita tunda sampai dengan situasi wabah Corona ini kondusif,” katanya.

Kogoya menyatakan setiap usulan program pemusatan latihan ke pulau Jawa, Bali, Sumatera bahkan Sulawesi, bakal dievaluasi dan dikaji terlebih dahulu. โ€œKalau daerah yang dipilih untuk pemusatan latihan kita anggap aman dari wabah [Corona], mungkin bisa dipertimbangkan. Akan tetapi, kalau daerah yang [dituju] sudah ada wabah [Corona], KONI tidak izinkan,โ€ tegasnya.

Baca juga  Pedagang di pasar tradisional di Kota Jayapura dihujani disinfektan

Meskipun demikian, ia membuka kemungkinan untuk mengundang atlet maupun tim dari provinsi lain guna melakukan uji tanding dengan Papua. “Hal itu sebagai upaya untuk mengukur dan mengetahui kemampuan para atlet Papua,” tutupnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa