17 kelurahan di Kota Jayapura masuk zona merah

Papua-rapid test antigen di kKota Jayapura
Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura saat melakukan swab antigen kepada penumpang kapal di Pelabuhan Jayapura - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, Provinsi Papua, mencatat hingga Minggu (117/2021) total 17 kelurahan masuk dalam zona merah. Angka ini meningkat bila dibandingkan Mei, yang hanya 9 kelurahan.

“Penyebabnya karena akses masuk orang melalui bandara dan pelabuhan meningkat drastis,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (12/7/2021).

Rustan menjelaskan 17 kelurahan zona merah, yaitu Kelurahan Tanjung Ria, Kelurahan Imbi, Kelurahan Bhayangkara, Kelurahan Gurabesi, Kelurahan Argapura, Kelurahan Ardipura, Kelurahan Hamadi, Kelurahan Entrop.

Lalu, lanjut Rustan, Kelurahan Wahno, Kelurahan VIM, Kelurahan Waimhorok, Kelurahan Awiyo, Kelurahan Yobe, Kelurahan Kota Baru, Kelurahan Hedam, Kelurahan Waena, dan Kelurahan Yabansai.

“Angka harian warga yang terpapar di zona merah ini dalam sehari rata-rata 11 orang ke atas. Satu pekan terakhir terjadi penambahan positif 47 orang,” ujar Rustan.

Rustan berharap agar warga meningkatkan kewaspadaan mengingat Covid-19 masih ada, dengan memperketat protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air, dan mengurangi kerumunan.

“Pencegahan harus dilakukan karena ini merupakan kunci untuk mempercepat memutus penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura sehingga terbebas dari Covid-19,” ujar Rustan.

Loading...
;

Rustan menambahkan selain 17 kelurahan masuk dalam zona merah, ada enam kampung di ibukota Provinsi Papua ini dikategorikan dalam zona hijau, yaitu Kampung Kayu Batu, Kampung Koya Tengah, Kampung Waena, Kampung Skouw Sae, Kampung Skouw Yambe, Kampung Mosso, dengan angka harian yang terpapar sedikitnya 1 orang.

Zona orange, lanjut Rustan, terdapat di Kelurahan Angkasapura, Kelurahan Trikora, Kelurahan Numbay, Kelurahan Asano, Kelurahan Koya Timur, Kelurahan Koya Barat, Kampung Yoka, dengan angka paparan harian 5-10 orang,

Sementara itu, dikatakan Rustan, sebaran zona kuning di Kelurahan Mandala, Kampung Enggros, Kampung Skouw Mabo, Kampung Tobati, Kampung Koya Koso, Kampung Holtekamp, Kampung Tahima Soroma, dan Kampung Nafri, dengan angka paparan harian 1-5 orang.

Baca juga: Angka Covid-19 di Kota Jayapura dekati 10 ribu

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan klaster pelabuhan penyumbang paling banyak paparan Covid-19 sehingga harus dilakukan pengetatan agar mencegah Kota Jayapura zona merah secara keseluruhan.

“Selama dua minggu kami lakukan operasi yustisi di Pelabuhan Jayapura terhadap penumpang yang datang. Kami ambil sampel 10 persen atau 1.300 orang dari penumpang turun sebanyak 10.300 orang. Maka kami temukan 130 orang yang positif dari 10 persen itu, dan rata-rata penumpang bukan penduduk Papua tapi baru datang dari luar Papua,” ujar Antari. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top