Follow our news chanel

400 karung gabah milik Ponimin masih menumpuk di rumah

papua-beras-petani-merauke
Poniman menunjukkan gabah yang sedang dijemur di halaman rumahnya – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Ponimin (45) tahun, salah seorang warga di Kampung Sumber Rejeki, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, mengaku kurang lebih 400 gabah kering miliknya telah dikemas dalam karung, menumpuk di rumah karena belum ada pembeli.

“Kita mau giling bagaimana, sejauh ini belum ada yang mau untuk menyerap beras. Jadi lebih baik ditumpuk dulu sambil menunggu kalau ada pembeli baru dibawa ke tempat penggilingan,” ungkap Ponimin kepada Jubi, Kamis (29/10/2020).

Ratusan karung gabah kering yang ditumpuk itu adalah hasil panen dari musim rendengan hingga gaduh (tanam kedua). Sejauh ini belum ada yang berminat untuk membeli.

“Kita dengar Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Merauke sudah membuka untuk beli kembali beras, namun kok kami punya belum juga,” tanya dia.

Baca juga: 30 kontainer beras Merauke akan dikirim ke Jawa

Dijelaskan, setiap musim tanam, dirinya membuka sampai delapan hektar. Tiap hektar, hasil yang didapatkan bisa mencapai 100 karung.

“Memang kami punya semangat mengolah lahan dan menanam, hanya persoalannya adalah pemasaran yang masih sulit,” ungkapnya.Dia berharap agar gabah keringnya dapat digiling menjadi beras, sekaligus dijual untuk mendapatkan uang. Karena setiap bulan harus membayar cicilan di bank, setelah melakukan pinjaman.

Loading...
;

Kepala Bulog Sub Divre Merauke-Papua, Djabiruddin, beberapa waktu lalu mengatakan penyerapan beras sudah dilakukan kembali. Ini adalah keputusan dari pusat dan harus dilaksanakan.

“Betul bahwa sementara waktu tak ada penyerapan gabah, lebih difokuskan pembelian beras. Jadi tiap hari melalui mitra kami, selalu membeli dari petani dan mengantar ke Bulog,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top